EmitenNews.com - PT Matahari Putra Prima (MPPA) bakal melakukan rights issue maksimal 1,175 miliar lembar. Rencana penerbitan umum terbatas VI itu, telah mendapat restu pemegang saham. Tepatnya, restu itu diberikan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 9 September 2021.


Berdasar hasil rapat itu, rights issue tersebut dibanderol dengan harga nominal Rp50 per saham. Namun, untuk harga pelaksanaan masih belum diungkap. Perseroan akan memakai dana hasil rights issue untuk modal kerja dan belanja modal.


Pemakaian modal kerja untuk peningkatan kualitas persediaan melalui pembelian barang dagangan dari pemasok yang akan berdampak pada tingkat persediaan barang dagangan. Sedangkan belanja modal untuk renovasi toko, pengembangan omni-channel, dan ekspansi toko baru akan berdampak pada peningkatan aset tetap perseroan.


Selain itu, perseroan juga mengantongi persetujuan pemegang saham untuk peningkatan modal dasar perseroan. Peningkatan modal itu dari semula Rp540 miliar terdiri dari 10,80 miliar saham bernilai nominal Rp50 menjadi Rp1,5 triliun. Angka itu, terdiri atas 30 miliar saham dengan nilai nominal Rp50. (*)