EmitenNews.com - Damai Investama Sukses agresif mengoleksi saham Transkon Jaya (TRJA). Sang pengendali perseroan itu memborong 67,7 juta eksemplar. Pembelian telah dituntaskan pada 15 November 2023. 


Transaksi dilakukan dua kali dengan harga pelaksanaan Rp275 per lembar. Dengan skema harga tersebut, Damai Investama dipaksa merogoh dana sekitar Rp18,48 miliar. ”Transaksi untuk kepentingan investasi,” tutur Annastintatia Polii, Head Corporate Affair Transkon Jaya. 


Dengan penuntasan transaksi tersebut, tabungan saham Transkon Jaya dalam keranjang investama Damai Investama menjadi 674,28 juta eksemplar alias 44,65 persen. Melejit 4,45 persen dari periode sebelum transaksi dengan donasi 607,08 juta lembar atau setara dengan porsi 40,2 persen. 


Sebelumnya, emiten jasa pertambangan besutan Low Tuck Kwong Samindo Resources (MYOH) akan mencaplok 1.238.364.000 helai alias 1,23 miliar saham pengendali Transkon Jaya yaitu Damai Investama Sukses, dan MSJ Investama Abadi. Tanda tangan perjanjian jual beli bersyarat telah diteken pada 14 November 2023.


Berdasar perjanjian itu, disepakati syarat-syarat harus dipenuhi para pihak dalam proses akuisisi saham Transkon Jaya, sebelum penuntasan pengambilalihan. “Transaksi tersebut salah satu dari strategi pengembangan bisnis perseroan. Akuisisi hanya dilakukan perseroan. Tidak ada kelompok terorganisasi terlibat dalam pengambilalihan Transkon Jaya,” tegas Ahmad Zaki Natsir, Sekretaris Perusahaan Samindo Resources. (*)