EmitenNews.com - PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (BNII), atau Maybank Indonesia, mengumumkan penyelenggaraan ajang World Athletics’ Elite Label Road Race Maybank Marathon 2023. Lomba lari marathon tingkat internasional yang diselenggarakan Maybank Indonesia sejak 2012 itu, akan dilaksanakan di Bali Safari & Marine Park Gianyar pada 27 Agustus 2023.


Bertempat di kantor pusat Maybank Indonesia Senayan Jakarta, pengumuman penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 di Bali disampaikan melalui konferensi pers yang dihadiri oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, Project Director Maybank Marathon, Widya Permana, Sekretaris Jenderal Pengurus  Besar  Persatuan Atletik  Seluruh  Indonesia  (PB  PASI),  Tigor  Tanjung,  mitra  sponsor  serta perwakilan komunitas pelari dari Jakarta dan sekitarnya.


Dalam siaran pers, Rabu (29/3/2023), disebutkan registrasi Maybank Marathon 2023 di Bali akan dibuka untuk umum pada hari Selasa, 4 April 2023  pukul 13.00 WIB melalui situs https://www.maybank.co.id/Maybank- Marathon.


Seperti  pada  penyelenggaraan  sebelumnya, Maybank Marathon  2023  akan  memperlombakan kategori marathon (42,195 km), half-marathon (21,1 km) dan 10K, serta Children Sprint dengan total hadiah lebih dari Rp2,7 miliar. Pengambilan race pack akan diadakan pada 25-26 Agustus 2023, di Taman Bhagawan Benoa, Bali.


“Sejalan   dengan   komitmen   untuk   mendukung   gaya   hidup   sehat,   Maybank   Indonesia   hari   ini mengumumkan penyelenggaraan Elite Label Road Race Maybank Marathon 2023 di Bali pada 27 Agustus 2023. Kami berharap dengan hadirnya Maybank Marathon tahun 2023 ini dapat terus mendukung pehobi olahraga lari baik dari dalam maupun luar negeri untuk merealisasikan aspirasinya dalam berlaga di sepanjang rute Maybank Marathon di Bali, serta mencapai prestasi terbaiknya,” ujar Taswin.


Menginjak tahun ke-12 penyelenggaraan Maybank Marathon di Tanah Air, Maybank Indonesia kali ini mengambil  langkah  strategis  untuk  memperluas  network  Maybank  Marathon  dengan  event-event marathon serupa lainnya di kawasan Asia Tenggara. Hal ini direalisasikan melalui kerja sama sister marathon  antara  Maybank  Marathon  dengan  salah  satu  event  marathon  ternama  di  kawasan  Asia Tenggara, Elite Label Road Race Bangsaen42 Chonburi Marathon di Thailand tahun ini.


Menurut Taswin, kerja  sama  sister  marathon  antara  Maybank  Marathon  dengan  Bangsaen42  Chonburi  Marathon  di Thailand merupakan wujud sumbangsih Maybank Indonesia dalam mendukung perkembangan industri olahraga atletik di Indonesia. Melalui kerja sama sister marathon tersebut akan membuka peluang besar pertukaran serta kepesertaan pelari antar event, dan di saat yang sama, menempatkan Elite Label Road Race Maybank Marathon di kancah perhelatan world class event marathon terkemuka di kawasan Asia Tenggara, bahkan di tingkat Asia.


Taswin juga menjelaskan bahwa kerja sama sister marathon antara Maybank Marathon dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon berlandaskan pada kesamaan misi, yaitu untuk menjadi katalis dalam mendorong sport tourism dan pemberdayaan masyarakat setempat. Dari segi kepariwisataan, Maybank Marathon memberikan pengalaman berlari outdoor dengan pemandangan alam pedesaan Bali, sementara  Bangsaen42 Chonburi Marathon  dengan  pemandangan  pesisir  pantai. 


Selain itu dari segi pemberdayaan masyarakat, Maybank Marathon turut serta menggerakkan masyarakat Bali di sepanjang rute lomba melalui serangkaian program tanggung jawab perusahaan, sedangkan Bangsaen42 Chonburi Marathon mendorong keterlibatan UMKM setempat di sepanjang rute lomba.


Pada acara konferensi pers, kerja sama sister marathon antara Maybank Marathon dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon ditegaskan melalui penandatanganan MoU oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria dan Race Director Bangsaen42 Chonburi Marathon, Rut Jiroajvanichakorn (Rat).


Di tahun pertama kerja sama sister marathon, Maybank Indonesia akan memberikan slot lari gratis bagi 40 pelari finisher Maybank Marathon 2023 kategori UMUM (WNI) yang berhasil mencatatkan waktu terbaik untuk mengikuti lomba kategori Marathon (42,195 km) di Bangsaen42 Chonburi Marathon pada November 2023. Demikian juga 40 pelari Bangsaen42 Chonburi Marathon berkesempatan untuk berlomba di ajang Maybank Marathon 2024.


Selain mengutamakan faktor kenyamanan dan keamanan pelari pada ajang Maybank Marathon, Project Director Maybank Marathon, Widya Permana mengatakan, merujuk kepada peraturan Pemerintah terkait pelonggaran mobilitas masyarakat secara umum,  diharapkan perhelatan Maybank Marathon tahun ini menjadi lebih semarak, terlebih dengan lalu lintas perjalanan travel yang kian leluasa, diharapkan dapat menarik lebih banyak peserta mancanegara untuk mengikuti lomba lari Maybank Marathon 2023 bulan Agustus mendatang di Bali.


“Demikian juga kerja sama sister marathon ini diharapkan  dapat  membangkitkan  sportivitas  pelari  untuk  terlibat  lebih  aktif  dalam  event-event marathon  di  Asia  Tenggara  yang  secara  tidak  langsung  juga  mendukung  perekonomian  di  negara setempat,” katanya.


Sebagai persiapan menuju Maybank Marathon 2023, Maybank Indonesia akan menggelar rangkaian ‘Road to Maybank Marathon 2023’ pada enam kota yaitu, Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Makassar pada Mei sampai Agustus 2023. Rangkaian ‘Road to Maybank Marathon 2023’ menyediakan pelatihan dan edukasi di antaranya meliputi running clinic, Sunday morning run, pelatihan penanganan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) & Life Support, serta edukasi persiapan fisik lainnya.


Sepanjang Maret 2023, Maybank  Indonesia  meluncurkan  program  exclusive pre-sale  running slot Maybank  Marathon  menawarkan  kepada  nasabah  eksisting  maupun  nasabah  baru  untuk  mengikuti program tabungan, kartu kredit, bancassurance, reksadana dan Maybank Premier.


Dengan mengikuti program tersebut,  nasabah  mendapatkan guaranteed running slot Maybank Marathon 2023 sebelum registrasi  publik  dibuka  pada 4 April  mendatang.  Program  exclusive pre-sale  running slot tersebut mendapatkan  respons  positif  dari  nasabah  sekaligus  mencerminkan  antusiasme  nasabah  terhadap penyelenggaraan Maybank Marathon di tahun 2023 tutup Widya. (Eko Hilman). ***