EmitenNews.com - PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) menganggarkan dana investasi sebesar Rp2 triliun pada tahun 2024. Dana sebesar itu, digunakan selain untuk penambahan kapasitas, juga untuk ekspansi rumah sakit.

Tahun 2024, perseroan berencana menambahkan lima jaringan rumah sakit. Hermina juga akan menambah jumlah kapasitas tempat tidur dari RS eksisting Hermina dari 4.000 kasur menjadi 7.000 kasur.

Dalam keterangannya yang dikutip Jumat (1/3/2024), Direktur Keuangan Medikaloka Hermina (HEAL) Yulisar Khiat menuturkan, salah satu sumber dana berasal dari kas internal perusahaan. 

"Kami akan menambah RS yang berlokasi di Pasuruan dan Madiun (Jawa Timur), IKN Nusantara (Kalimantan Timur) dan Pantai Indah Kapuk 2 (Jakarta Utara), dan Rumbai (Pekanbaru)," katanya saat konferensi pers seusai RUPSL, di Jakarta, Kamis (29/2/2024). 

Dengan penambahan RS tersebut, perseroan pada tahun 2024, ditargetkan akan memiliki 52 jaringan rumah sakit yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Untuk RS di IKN diperkirakan akan menelan dana hingga sebesar Rp650 miliar. RS IKN diharapkan selesai sekaligus beroperasi pada Agustus 2024. 

Kemudian, untuk rumah sakit baru lainnya diperkirakan akan menghabiskan biaya Rp400 miliar-Rp450 miliar.

“Untuk rumah sakit di PIK 2 akan segera beroperasi pada akhir tahun, sedangkan untuk Rumbai, Pasuruan, Madiun beroperasi pada kuartal II dan kuartal III-2024." ujar Direktur Keuangan Medikaloka Hermina (HEAL) Yulisar Khiat. ***