EmitenNews.com - KB Bank berkolaborasi dengan ITB Ahmad Dahlan melalui Program “Star Edu”. Tujuannya, meningkatkan sinergi antara keahlian keuangan KB Bank dan Universitas Muhammadiyah yang memiliki jejak pendidikan dan sosial yang luas. Ini bagian dari komitmen KB Bank memberikan kontribusi terbaiknya dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat. 

Dalam kolaborasi ini, KB Bank memberikan dukungan berbentuk program “Beyond Excellent Trainers”. Manajemen KB Bank hadir sebagai pengajar/trainer melalui program pelatihan bertajuk “Membimbing Banking Profesional Masa Depan”, komponen penting dari kemitraan ini. Fokusnya, pada pemberdayaan para pengajar untuk mempersiapkan para siswa dalam menghadapi persaingan secara global khususnya di industri perbankan. 

Program training ini akan dimulai pada Senin, 18 Maret 2024 hingga Rabu, 20 Maret 2024 dengan melibatkan 200 orang (dosen dan praktisi) sebagai partisipan.

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara KB Bank yang diwakili oleh Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong, dengan Rektor ITB Ahmad Dahlan, Dr. Yayat Sujatna, SE., Msi pada Jumat (15/3/2024) dalam acara Kick-off Meeting di Auditorium Syafruddin Prawiranegara, Kampus ITB Ahmad Dahlan Jakarta. 

Acaranya dimeriahkan dengan Seminar “ESG Awareness: Sustaining in VUCA World” yang melibatkan sekitar 200 peserta yang terdiri atas mahasiswa, dosen, hingga praktisi.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengatakan, sebagai bank yang mengedepankan layanan kepada masyarakat, KB Bank sangat bangga bisa menjadi pendukung utama dalam program ini. Sebab literasi dan inklusi keuangan sangat berperan penting dalam memberikan pendidikan dan akses kepada masyarakat terkait pengelolaan keuangan dan berbagai manfaat layanan keuangan. 

“Ke depannya diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan cukup tentang konsep dasar keuangan agar bisa membuat keputusan keuangan yang lebih bijak di masa mendatang,” urai Robby Mondong. 

Melalui acara ini, KB Bank berharap bisa memberikan akses keuangan yang lebih komprehensif melalui pengenalan berbagai produk KB Bank yang kompetitif untuk bisa diakses oleh seluruh ekosistem keluarga besar Muhammadiyah.

Selain memberikan literasi keuangan melalui training, kemitraan ini juga menandai dimulainya aliansi strategis menuju kolaborasi lebih luas dengan KB Financial Group (KBFG). Tujuannya, memfasilitasi integrasi layanan keuangan yang komprehensif untuk Ekosistem Muhammadiyah, seperti:

  1. Integrasi Layanan Keuangan Tanpa Batas. KBFG memiliki beragam layanan keuangan yang mencakup perbankan, sekuritas, asuransi, kartu kredit, investasi, dan kredit khusus, menghadirkan proposisi unik bagi ekosistem Muhammadiyah. Keragaman dan luasnya layanan KBFG sangat selaras dengan sifat multifaset dari operasi Muhammadiyah, yang meliputi pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, dan kegiatan keagamaan.
  1. Solusi Keuangan yang Disesuaikan untuk Beragam Kebutuhan Keluarga Besar Muhammadiyah. KB Bank akan memperkenalkan serangkaian solusi keuangan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Di antaranya, pembiayaan pendidikan, pembiayaan kesehatan, kewirausahaan, hingga kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan.
  1. Pemberdayaan Digital dan Teknologi. KBFG memiliki platform canggih untuk bisa memfasilitasi transaksi keuangan yang efisien, meningkatkan literasi keuangan, dan menyediakan akses digital ke layanan perbankan bagi masyarakat luas. Hal ini mencakup pengembangan solusi pembayaran digital co-branded, aplikasi mobile banking yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga besar Muhammadiyah, dan sistem pembayaran untuk layanan pendidikan serta kesehatan.
  1. Memperkuat Keterlibatan Masyarakat dan Inklusi Keuangan. Komitmen KBFG terhadap inklusi keuangan dan pelibatan masyarakat selaras dengan misi pemberdayaan sosial. Melalui kemitraan ini, KBFG bertujuan memperluas jangkauannya ke segmen yang belum terlayani dalam keluarga besar Muhammadiyah, menyediakan akses ke layanan keuangan yang mendukung pengembangan ekonomi serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Integrasi strategis KBFG dalam ekosistem Muhammadiyah merupakan langkah signifikan untuk mencapai kemitraan layanan keuangan yang menyeluruh. Dengan menyelaraskan kemampuan keuangan KBFG yang komprehensif dengan beragam 

kebutuhan komunitas Muhammadiyah, kolaborasi ini siap memberikan manfaat bersama, seperti memberikan solusi layanan perbankan hingga mendorong literasi keuangan, inklusivitas, dan pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia. ***