EmitenNews.com- Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan lagi sementara (suspensi) perdagangan PT KDB Tifa Finance Tbk (TIFA) pada hari ini, Jumat 26 Maret 2021 setelah dua hari lalu di buka suspensinya.


"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham TIFA, dalam rangka cooling down, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham tersebut pada perdagangan tanggal 26 Maret 2021 sampai dengan Pengumuman Bursa lebih lanjut," tutur Lidia M Panjaitan, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa.


Sebelumnya, BEI juga telah melakukan suspensi perdagangan efek PT KDB Tifa Finance Tbk (TIFA) pada Selasa 23 Maret 2021 dan di buka kembali Rabu 24 Maret 2021. Pasca pembukaan sebelumnya harga saham TIFA masih terus melonjak, Pada perdagangan hari itu sahamnya di buka pada posisi Rp1420 dan pada penutupan kemarin bercokol di level Rp1705 atau naik 20,07 Persen dalam 2 hari.


Bahkan beberapa waktu belakangan BEI telah memberikan warning UMA kepada TIFA. Sebagai informasi pada perdagangan tanggal 10 Februari 2021 saham TIFA ditutup di harga Rp620 per saham,sedangkan pada perdagangan saham di tanggal 19 maret 2021 ditutup di harga Rp1230 per saham. Sementara pada perdagangan Senin 22 Maret 2021 Harga saham TIFA masih melanjutkan penguatan hingga naik ke level Rp1420 per saham.


Penghentian sementara perdagangan Saham TIFA tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham TIFA.


"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan,"katanya.