EmitenNews.com-PT Apexindo Pratama Duta Tbk. (APEX) Emiten pertambangan minyak dan gas berhasil memenangkan tender kontrak kerja sama dengan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) pada tanggal 2 September 2022.


Dalam keterangan tertulisnya Zainal Abidinsyah Siregar Direktur Utama APEX Senin (5/9) menuturkan bahwa APEX telah menerima Surat Penunjukan Pemenang Tender dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk pengeboran darat di wilayah Ulubelu, Lampung.


Nilai kontrak tersebut sebesar USD15,8 juta untuk pekerjaan 6 sumur.


Dalam penuturanya Zainal menambahkan "Perolehan kontrak ini berdampak positif terhadap tingkat utilisasi rig dan pendapatan operasional Perseroan".


Sebelumnya, Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) menyampaikan bahwa perseroan telah menyelesaikan proses penjualan rig jack up Raniworo. Hal itu dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2022.


Direktur APEX, Mahar Atanta Sembiring menuturkan, sehubungan dengan Rig Raniworo yang telah tidak bekerja, Perseroan telah melakukan transaksi penjualan aset tersebut.


"Aset tersebut dijual kepada Advanced Energy System (ADES) S.A.E dengan nilai penjualan USD6,8 juta,"katanya.


Adapun dampak dari transaksi penjualan Rig ini, menurut Mahar, tentunya adanya pengurangan aset milik Perseroan.


Adapun Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) per 30 Juni 2022 mencatat laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk diraih USD2,15 juta naik dari laba bersih USD1,84 juta tahun sebelumnya.


Pendapatan USD46,73 juta hingga periode 30 Juni 2022 naik dari pendapatan USD22,52 juta di periode yang sama tahun sebelumnya. Laba kotor diraih USD11,77 juta naik dari laba kotor USD9,46 juta. Laba sebelum pajak diraih sebesar USD2,96 juta naik dari laba sebelum pajak USD2,34 juta.