EmitenNews.com - PT Dosni Roha Indonesia (ZBRA) menginvestasikan 500 armada truk tronton. Itu dilakukan melalui anak usaha bidang logistik yaitu DNR Corporation. Ratusan armada truk itu, untuk pengangkutan kayu PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Group Provinsi Riau, dan PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) Provinsi Kalimantan Timur.


Penyediaan ratusan armada truk tronton itu, bagian lingkup perjanjian kerja sama pengangkutan kayu antara DNR Corporation dengan RAPP Group, produsen dan pengolahan kayu, dan IHM pemilik konsesi sejumlah lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) Indonesia.


Perjanjian kerja sama pengangkutan kayu, baik dengan RAPP Group maupun IHM berlaku untuk 5 tahun, dan dapat diperpanjang. DNR Corporation akan menyediakan total 500 unit armada truk tronton pengangkut kayu secara bertahap terbagi 400 unit untuk proyek RAPP, dan 100 unit untuk proyek IHM. Pada 2022, DNR Corporation akan menyiapkan 200 unit untuk RAPP Group, dan 50 unit truk tronton IHM. Sedang sisanya 250 unit truk tronton akan siap beroperasi pada kuartal III-2023.


Seremoni kerja sama dengan RAPP Group sekaligus pelepasan armada truk telah dilaksanakan di Pangkalan Kerinci, Riau (18/8/2022), sedang seremoni kerja sama serupa dengan IHM dilaksanakan di Sepaku, Kalimantan Timur (4/9/2022), dan dihadiri Herry, Direktur DNR Logistics.


DNR Corporation berpengalaman dalam industri logistik selama 59 tahun dengan dukungan armada, dan sistem teknologi terintegrasi. ”Kami optimistis kerja sama ini dapat membantu meningkatkan efisiensi proses pengangkutan kayu RAPP setiap tahun,” tutur Muhammad Ali Shabri, Mill Operation Support Director RAPP Group. 


IHM mengapresiasi komitmen DNR Corporation dalam mengoptimalkan layanan logistik. Salah satunya dengan penyediaan armada truk tronton beserta perlengkapan armada, supir berpengalaman, profesional, dan mengerti situasi lapangan. ”Kondisi itu, mempermudah operasional bisnis kami,” sanjung Junior Lumban Gaol, Kontroller Wood Supply IHM. 


Tidak disangkal layanan DNR Corporation dapat membantu meningkatkan efektivitas, dan efisiensi operasional RAPP Group dan IHM. ”Sinergi ini sangat strategis bagi DNR Corporation untuk melengkapi portfolio, dan kontribusi kami dalam mengembangkan sektor industri perkayuan nasional,” tegas Herry, Direktur DNR Logistics. 


“Kerja sama antara DNR Corporation dengan RAPP Group dan IHM untuk pengangkutan kayu diharap menjadi langkah awal baik dalam membangun sinergi guna pertumbuhan bisnis bersama berkelanjutan,” harap Gary Tanoesoedibjo, Direktur DNR Corporation.


DNR Corporation, perusahaan penyedia layanan integrated end-to-end supply chain solutions terdepan Indonesia. DNR Corporation memiliki jaringan infrastruktur, partnership seluruh Indonesia, dan sistem Manajemen Supply Chain terintegrasi. Hingga Agustus 2022, perseroan memiliki direct coverage terdiri dari 32 cabang, 15 sub-cabang, 7 gudang 4PL, 463 kota, dan 100 ribu outlet seluruh Indonesia. Sementara Indirect Coverage meliputi 61 sub-distributor terintegrasi. (*)