EmitenNews.com -IHSG diperdagangkan bervariasi pada perdagangan kemarin namun berhasil tutup di zona merah tipis ke level 6663 (-0.20%). Para pelaku pasar merespon sentiment perlambatan ekonomi China dan AS serta gejolak plafon utang di AS sehingga para investor masih menilai rilis data ekonomi yang terjadi. 

 

Beberapa sector yang mengalami pelemahan diantara sector energy  (-1.19%), sector technology (-0.95%) dan sector transportasi (-0.85%). Investor asing tercatat membukukan net buy dipasar reguler sebesar Rp72.96 miliar dengan saham-saham yang paling banyak dijual oleh investor asing diantaranya adalah BBRI, MDKA dan ICBP.

 

Menurut Lukman Hakim Analis dari Reliance Sekuritas dalam risetnya, Jumat (17/5/2023). Secara teknikal, trend penurunan untuk IHSG masih terjadi serta indicator stochastic masih menunjukan trend penurunan namun telah memasuki area oversold. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk perdagangan hari ini yaitu: ASII, ERAA, FILM, BFIN, BMRI, HRTA, ACES.

 

Sementara itu dari bursa AS, ketiga index utama kembali kompak ditutup menguat dimana adanya optimisme terkait kesepakatan debt ceiling di AS untuk menghindari default yang akan dilakukan pengambilan suara oleh US congress selain itu rilis data di AS jobless claim mengalami penurunan lebih dari perkirakan yang dapat yang juga dapat memberikan ruang untuk The Fed jika ingin melanjutkan kenaikan suku bunga dimana isyarat dari The Fed yang belum siap untuk memangkas suku bunga.

 

Dari bursa Asia, pada pagi ini telah diperdagangkan dizona hijau, saat laporan ini ditulis indeks Nikkei 225 menguat (+0.57%), serta index Kospi menguat (+0.44%). Dari Jepang pagi ini menyambut rilisnya data inflasi yang mengalami kenaikan di atas perkirakan dimana naik 3.5% YoY untuk periode Apr-23 dibandingkan periode sebelumnya 3.2% YoY.

 

Kemudian dari dalam negeri, IHSG kami perkirakan akan bergerak cenderung menguat mengekor bursa regional dan adanya optimisme terkait debt ceiling di AS serta IHSG telah terjadi koreksi beberapa hari terakhir. Kami perkirakan IHSG akan bergerak pada rentang 6650- 6705.