EmitenNews.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak para pedagang thrifting atau pedagang pakaian impor ilegal di Pasar Senen untuk beralih ke produk lokal.


"Sekali lagi untuk sementara waktu pemerintah masih mentoleransi pedagang atau pengecer untuk menjual pakaian bekas. Ke depan baik penyelundup maupun pedagang akan di sanksi," kata Menkop UKM Teten Masduki di hadapan ratusan pedagang Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/3).


Menkop menegaskan bahwa pemerintah dengan tegas melarang penjualan pakaian impor bekas termasuk untuk para pedagang di Pasar Senen. Namun, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada pedagang terutama menjelang Lebaran, pemerintah memberikan keringanan dan solusi jangka pendek dengan memperbolehkan untuk berjualan sementara waktu hingga stok barang dagangan habis terjual.


"Hari ini kami berdua pasang badan untuk kalian semua. Kami koordinasikan dengan kepolisian jangan pedagang yang dikejar mereka cari nafkah, kejar penyelundupnya," ucapnya.


Jika barang jualan tersebut habis, lanjutnya, pemerintah mendorong para pedagang untuk sama-sama menjadikan produk lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.


"Kita pikir keras sama-sama bagaimana solusinya. Kita pikirkan bisa jual pakaian produk lokal," ujar Teten. "Saya perlu mendukung UMKM memproduksi pakaian lokal. Itu saudara-saudara juga sama seperti kalian mencari nafkah. Kita harus buat agar produk lokal jadi tuan rumah di negeri sendiri," sambungnya.(*)