EmitenNews.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa kondisi pertumbuhan subsektor industri permesinan pada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 28 sudah membaik.


"Khusus untuk subsektor industri permesinan yaitu KBLI 28, pertumbuhan triwulan I tahun 2023 -1,26 persen, pada triwulan II tahun 2023 membaik menjadi -0,9 persen. Artinya walaupun masih negatif, tetapi kita bisa lihat dan kita harapkan subsektor industri ini sedang dalam proses rebound (mulai pulih)," katanya pada acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik sebuah perusahaan produsen alat berat asal China, di Karawang, Selasa (12/9).


Menperin menilai dengan pembangunan fasilitas produksi di industri permesinan dapat mempercepat pemulihan angka pertumbuhan pada subsektor industri tersebut.


"Kami yakin bahwa dengan adanya perluasan fasilitas ini maka proses rebound dari sektor industri akan semakin cepat dan kita tidak lagi berada pada titik negatif," imbuh Agus.


Agus menjelaskan produk permesinan seperti alat berat dibutuhkan dalam berbagai sektor industri yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional seperti pertambangan, infrastruktur, hingga pertanian dan perkebunan.


"Industri alat berat merupakan salah satu sektor industri yang mendukung pertumbuhan ekonomi di mana produk industri ini dibutuhkan oleh sektor pertambangan oleh sektor infrastruktur dan sektor perkebunan pertanian," kata Agus.(*)