EmitenNews.com - Indonesia-Korea Selatan pererat kerja sama infrastruktur jalan dan jembatan. Dalam rangka Konferensi Jalan Indonesia-Korea ke-17 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan delegasi dari Korea Selatan yang dipimpin Assistant Minister for Road, Ministry of Land, Infrastructure and Transport, Korea Selatan Lee Yoon-Sang di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (20/6/2022).


Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (21/6/2022), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, tanggung jawab bersama kedua pihak, membawa kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan lebih erat baik antara kedua pemerintah maupun antara masyarakat kedua negara.


Konferensi Jalan Indonesia-Korea merupakan kerja sama teknis bilateral antara Kementerian PUPR RI dengan Kementerian Konstruksi dan Perhubungan Korea Selatan yang diadakan sejak tahun 2003 sampai sekarang. Konferensi Jalan Indonesia - Korea ke-17 diselenggarakan pada 20-23 Juni 2022 dengan tema .Smart City for IKN.


Sedikitnya terdapat dua kerja sama hibah Indonesia dan Korea Selatan yang sedang berlangsung. Yaitu Manajemen Terpadu untuk Structural Health Monitoring System (SHMS) untuk jembatan nasional di Indonesia serta penyusunan Master Plan dan Pilot System Intelligent Transport Systems (ITS) untuk Area Metropolitan Jakarta.


"Pada Juli kami akan mengirim 25 young engineer PUPR ke Korea Selatan untuk menjalani training terkait smart city. Selain itu, 14 young engineer yang juga akan ke Korea Selatan untuk belajar mengenai SHMS jembatan. Ini bentuk kerja sama lebih konkrit selain diskusi-diskusi yang kita lakukan pada seminar atau konferensi," ujar Menteri Basuki.


Juga terdapat tiga hibah yang sedang dalam proses pipeline yaitu FS dan Basic Design Immersed Tunnel Teluk Balikpapan (Jalan Tol Akses IKN), pembentukan Manajemen Konstruksi Digital dan Hijau di Indonesia, dan pembentukan Sistem Informasi Jalan Tol di Indonesia.


"Selain SHMS dan ITS, akan diprioritaskan juga feasibility study dan basic design untuk jalan akses IKN karena kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN pada Agustus 2022," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.***