EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) menggelar BTN Run & Ride 2022. Ajang untuk para penggemar olahraga lari, dan bersepeda itu, mengambil lokasi di Plaza Barat Selatan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Minggu, 27 Maret 2022. Hajatan itu, dipentaskan secara Onsite Race, dan Virtual Real Time Challenge. 


Setidaknya, sekitar 3.000 peserta memeriahkan acara bagian dari rangkaian kegiatan HUT Bank BTN ke-72 Tahun pada 9 Februari 2022 lalu. ”BTN Run & Ride 2022, event lari dan sepeda onsite kali pertama tahun ini. Kami berharap ajang ini bisa mengobati kerinduan para pencinta lari, dan bersepeda setelah lama vakum akibat pandemi Covid-19,” tutur Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, di Jakarta, Minggu (27/3).


BTN Run & Ride 2022 diharap makin mendekatkan Bank BTN dengan masyarakat luas khususnya nasabah perseroan. Dengan ajang itu, Bank BTN juga mencoba mengenalkan berbagai produk unggulan antara lain KPR BTN GAESS dan berbagai aplikasi dalam BTN Digital Mortgage System.


BTN ingin menggunakan ajang lari maupun bersepeda itu, sebagai bagian strategi komunikasi perseroan. Dengan ajang BTN Run & Ride 2022 itu, diharap bisa meningkatkan awareness terhadap produk-produk BTN sehingga lebih dikenal, dan bisa berinteraksi langsung dengan nasabah maupun juga potensial nasabah. ”Acara serupa sudah digelar Desember tahun lalu dan mendapat sambutan luar biasa untuk menggelar acara lari onsite. Kami gelar ajang serupa dengan menambahkan olahraga bersepeda,” ulasnya.


Sejumlah kategori dilombakan dalam ajang BTN Run & Ride 2022. Misalnya, lomba lari ada kategori 10K, dan 21K. Sedang kategori sepeda ada 50K, dan 72K. Berbagai hadiah menarik disediakan antara lain uang tunai jutaan rupiah bagi 5 besar leaderboard run challenge kategori 10K & 21K. Lalu, 3 besar leaderboard run challenge kategori 10K master, 10K Grup, dan 21K Grup.


Selain itu, BTN menyiapkan hadiah menarik senilai jutaan rupiah bagi para finisher virtual ride challenge berhasil menduduki 3 leaderboard teratas jarak terjauh. Tidak lupa BTN Run & Ride 2022 juga menyiapkan doorprize & grandprize senilai puluhan juta rupiah.


Sementara itu, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), para peserta lari dan sepeda ikut berdonasi dengan perhitungan berdasar capaian di garis finish. Di mana, per kilometer dihitung Rp72 ribu sehingga total dana terkumpul dalam event BTN Run & Ride tahun 2022 mencapai Rp984 juta, dan dibulatkan menjadi Rp1 miliar.


Nah, dari total dana Rp1 miliar itu, akan digunakan untuk mendukung rumah sampah yang dikembangkan di perumahan subsidi dibiayai BTN. Lalu, didonasikan kepada penyandang disabilitas melalui Yayasan Penyandang Anak Cacat dengan nilai masing-masing Rp500 juta.


Bank BTN terus berkomitmen untuk mendukung pembiayaan rumah rakyat. Itu dilakukan untuk menyukseskan program pemerintah yakni pembangunan sejuta rumah, dan mengurangi backlog perumahan mencapai 11 juta unit. Program perumahan, selain membantu memberi kemudahan rakyat memiliki rumah layak, juga mendongkrak pertumbuhan ekonomi, dan membuka lapangan pekerjaan. ”Pertumbuhan sektor perumahan harus terus didorong karena berpengaruh terhadap sekitar 174 industri terkait pembangunan perumahan dibiayai BTN yang mampu menggerakkan perekonomian nasional,” pungkas Haru.(*)