EmitenNews.com - PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), emiten yang bergerak di bidang perdagangan umum termasuk bisnis supermarket dan pasar mini, melakukan penambahan modal sebesar Rp70 miliar kepada PT Lancar Wiguna Sejahtera (LWS) atau Lawson pada 17 Mei 2024.

"Transaksi ini dilakukan dengan tujuan mempertahankan persentase kepemilikan MIDI pada LWS," ungkap manajemen MIDI dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5).

Penambahan modal ini terkait dengan peningkatan modal saham LWS yang ditempatkan dan disetor sebesar Rp100 miliar, ekuivalen dengan 1 miliar lembar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham, yang diambil bagian secara proporsional oleh Perseroan dan pemegang saham lainnya.

Setelah transaksi ini, persentase kepemilikan MIDI pada Lawson tetap sebesar 70%, atau senilai Rp148,4 miliar. Sementara, PT Amanda Cipta Persada memiliki 20,34% atau Rp43,13 miliar, dan PT Cakrawala Mulia Prima serta Perkasa Internusa Mandiri memiliki 4,83% atau senilai Rp10,2 miliar.

Transaksi ini bukan merupakan transaksi benturan kepentingan sehingga tidak memerlukan persetujuan terlebih dahulu dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perseroan. Selain itu, transaksi ini juga tidak termasuk transaksi material sesuai regulasi OJK dalam POJK 17/2020, karena nilai transaksi ini kurang dari 20% dari ekuitas MIDI.

Sebagai informasi, LWS merupakan pihak afiliasi dari MIDI, dengan kepemilikan saham sebesar 70% pada LWS. Oleh karena itu, transaksi ini termasuk dalam kategori transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020.