EmitenNews.com - PT MNC Studios International (MSIN) bakal menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa pada Senin, 7 Februari 2022. Hajatan itu, mengambil lokasi MNC Conference Hall iNews Tower Lantai 3 MNC Center. RUPS Luar Biasa dibentangkan mulai puiul 14.00 WIB.


Pada ajang itu, MNC Studios bakal meminta persetujuan perubahan nama, perombakan formulasi pengurus, dan persetujuan rencana transaksi material, dan afiliasi berdasar POJK 17/2020, dan POJK 42/2020.


Itu selaras dengan pengambilalihan MNC Digital Indonesia, MNC Portal Indonesia, MNC OTT Network, dan penerbitan surat sanggup untuk Media Nusantara Citra (MNCN), dan MNC Vision Networks.


Berdasar rencana konsolidasi aset digital Media Nusantara Citra (MNCN) dalam MNC Studios International terdiri dari tiga aset utama digital. Meliputi lini bisnis super apps, dan portal termasuk RCTI plus didapuk sebagai Advertising Video on Demand (Avod) super apps, Vision plus disebut sebagai Subscription Video on Demand (Svod) super apps, portal berita, dan umum diisi Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id, IDX Channel, Celebrities.id, sportstars.id. Terakhir, portal berita berbasis artificial intelligence (AI) BuddyKu.


Layanan RCTI plus terdiri atas 5 jenis konten, yaitu video streaming, aggregator berita, audio aggregator, UGC Competition, dan Games Aggregator. Khusus games aggregator akan dipindahkan ke VisionPlus, dan diganti music aggregator. ”Gamesplus diganti jadi musicplus,” tegas Investor Relations MNC Studios International Fadel Putra.


Pengguna aktif RCTIplus mencapai 63,5 juta pengguna bulanan per November 2021, naik 7,4 kali lipat dalam 8 kuartal terakhir sejak kuartal I-2020 hanya 8,5 juta pengguna bulanan. Pendapatan utama RCTIplus yakni dari iklan. Visionplus memberi layanan berlangganan untuk mengakses sekaligus MNC Vision, K-Vision, dan MNC Play. 


Kelebihannya dapat saluran FTA lokal, kemudian 13 saluran khusus dari Visionplus, 105 saluran premium internasional termasuk HBO dan BEIN, 17 ribu jam lebih film, serial, dan 10-20 program eksklusif tayang per bulan dalam Visionplus. Pemirsa berlangganan Visionplus telah mencapai 2,05 juta pelanggan hingga kuartal III-2021.


Khusus portal berita MNC sebelumnya memiliki hanya Okezone.com, Sindonews.com, dan iNews.id pada 2020, lalu pada 2021 bertambah dengan IDX Channel, Celebrities.id, dan sportstars.id. Dengan total pelanggan aktif per bulan mencapai 79,8 juta pengguna. Rinciannya, pengguna okezone.com 34 juta, sindonews.com 26,7 juta, iNews.id 12,9 juta, IDX Channel 2,1 juta, Celebrities.id 2,6 juta, dan sportstars.id 1,5 juta.


BuddyKu, upaya menjawab pasar dengan membentuk platform ekosistem konten berbasis AI. Dengan begitu, pengguna dapat dikembangkan berdasar ketertarikan, dan menghasilkan berita-berita berprofil unik sesuai personal. Dengan begitu, lini bisnis MNC Studios International akan menjadi 4 lini. Meliputi produksi konten dan IP, talent and label, media sosial dan gaming, super app dan portal. (*)