EmitenNews.com—PT Gag Nikel, anak usaha PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), berencana untuk menambah kapasitas produksi menjadi 4 juta wet metric ton (wmt) atau naik 33 persen dari produksi saat ini yang mencapai 3 juta wmt pada tahun depan.


"Saat ini kita sedang melakukan pengurusan, kita sudah dapatkan FS (feasibility study/studi kelayakan) untuk meningkatkan kapasitas produksi sekitar 33 persen. Produksi sekarang di level 3 juta per tahun," kata Presiden Direktur PT Gag Nikel Khaidir Said dalam peluncuran Buku Sejarah Gag Nikel 1998-2017 di Jakarta, Kamis.


Khaidir menuturkan setelah FS rampung, perusahaan tengah mengupayakan untuk bisa segera menyelesaikan izin lingkungan untuk bisa melakukan penambahan kapasitas.


"Harapannya tahun depan sudah bisa kita dapatkan (peningkatan kapasitas produksi)," ujarnya.


Khaidir menjelaskan penambahan kapasitas produksi hingga 33 persen masih sesuai dengan batasan area produksi penambangan di pulau kecil yang ditentukan pemerintah.


"Dengan batasan 10 persen itu lah kita hitung maksimum untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah meningkat sampai 33 persen atau 4 juta wmt," katanya.


Khaidir mengakui jika di masa mendatang teknologi reklamasi bisa dipercepat, ia berharap dalam waktu kurang dari lima tahun Gag Nikel bisa mengembalikan area pascatambang. Dengan demikian, jumlah produksi bisa ditingkatkan. "Tapi 10 persen itu tetap jadi limitasi," katanya.