EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) berusaha ekstra seluruh masyarakat Indonesia memiliki rumah dengan cepat, mudah, dan murah. Nah, untuk menyalurkan pembiayaan perumahan itu, butuh dukungan sumber pendanaan berkelanjutan dari masyarakat.


Aspek penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sangat krusial bagi perbankan dalam mendukung aktivitas bisnis penyaluran kredit. Salah satunya pada penyaluran pembiayaan perumahan. Pengelolaan dana pada BTN Prioritas secara sustain juga akan memberi dukungan optimal terhadap bisnis bidang penyaluran pembiayaan perumahan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.


Memasuki usia ke-73 tahun pada 9 Februari 2023, BTN mengapresiasi dukungan, dan kepercayaan nasabah prioritas. Sukses BTN tentu juga dipengaruhi dukungan masyarakat karena bisnis BTN sektor perumahan. ”Jadi, nasabah prioritas BTN juga telah membantu secara tidak langsung dalam upaya meningkatkan penyaluran pembiayaan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” tutur Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN, pada acara BTN Prioritas “Market Outlook & Chinese New Year 2023” di Surabaya, Jumat (3/2). 


Dukungan besar nasabah prioritas dalam pembiayaan perumahan, membuat BTN menaikkan proyeksi dana kelolaan BTN Prioritas 11 persen menjadi Rp51,5 triliun pada 2023. Lalu, peningkatan jumlah nasabah BTN Prioritas tahun ini diharapkan 15 persen. Nah, untuk mencapai proyeksi itu, BTN akan melakukan tiga strategi inisiatif utama. 


Pertama, customer acquisition dalam meningkatkan nasabah baru BTN Prioritas, dan penetrasi peningkatan dana nasabah existing di bawah Rp500 juta. Kedua, mengelola dan menekan penurunan balance melalui anti-attrition, dan loyalty program. Dan ketiga, meningkatkan average product holding memberi solusi lebih kepada nasabah sesuai kebutuhan, dan tujuan nasabah dengan upaya penetrasi cross selling.  


Untuk mendukung tiga strategi inisiatif utama itu, BTN Prioritas telah memiliki produk andalan sangat diminati nasabah dalam peningkatan dana kelolaan yakni Tabungan BTN Investa, dan BTN Bisnis. ”Selain itu, peningkatan dana kelolaan BTN Prioritas fokus pada solusi investasi dalam mata uang asing, beberapa produk investasi lain berbentuk obligasi, dan reksadana,” tambah Jasmin, Direktur Distribution & Funding Bank BTN.


Lonjakan minat nasabah terhadap produk BTN Prioritas karena memberi layanan spesial, dan penawaran eksklusif. Salah satunya melalui layanan Platform Loyalty User (PLUS), program layanan membership BTN Prioritas. Selain itu, berbagai solusi keuangan tersedia dengan dukungan priority banking staff terlatih, tersertifikasi, dan sejumlah partners berpengalaman. ”Saat ini, BTN Prioritas telah bersinergi dengan sembilan manajer investasi, dan empat mitra asuransi untuk memberi solusi keuangan terbaik bagi nasabah,” pungkas Jasmin. (*)