EmitenNews.com - PT Nusantara Infrastructure (META) melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan akses tol Makassar New Port (MNP). Itu komitmen untuk mendorong pembangunan infrastruktur berkelanjutan dengan menciptakan konektivitas daerah, khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).


”Kehadiran akses tol MNP itu, diharap mendorong pertumbuhan ekonomi, distribusi logistik, memperlancar jalur ekspor, impor, dan menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP,” tutur Direktur Utama Nusantara Infrastructure Ramdani Basri, Senin (7/2). 


Nusantara Infrastructure mengklaim jalan bebas hambatan itu, akan dibangun sepanjang 3,2 kilometer dengan kebutuhan lahan seluas 2,74 hektare (ha). Proyek itu, akan digarap Wijaya Karya (WIKA) dikerjakan dalam tiga tahap. Pertama, mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP. 


Kedua, akan dibangun dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP.  Selanjutnya, tahap ketiga dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.  Jalan tol itu, diharap meningkatkan daya saing kawasan industri Indonesia tingkat regional, dan internasional. ”Semoga pengerjaan proyek ini selesai sesuai target Juni 2023 atau lebih cepat,” harap Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.


Jalan akses tol MNP itu, akan mendukung operasional Pelabuhan Makassar New Port dengan kapasitas 900 ribu Teus pada 2023. Lalu, kehadiran jalan tol itu, juga memicu pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar. Jalan akses tol itu, merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Pembebasan lahan proyek itu, dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dengan capaian 70 persen dari kebutuhan lahan. (*)