EmitenNews.com—Fitch Ratings Indonesia telah menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) menjadi 'AA-(idn)', dari 'A+(idn)'. Outlook Stabil. Fitch juga telah meningkatkan Peringkat Nasional Jangka Pendek menjadi 'F1+(idn)', dari 'F1(idn)', dan peringkat penerbitan mata uang lokal menjadi 'AA-(idn)', dari 'A+(idn)'.

 

Peningkatan tersebut mencerminkan ekspektasi kami bahwa cakupan likuiditas dan kapasitas pembayaran utang BFI akan tetap sehat dan sepadan dengan peringkat yang lebih tinggi, meskipun pembiayaan tumbuh kuat di tengah pemulihan pasca pandemi Covid-19. Hal ini harus didukung oleh kualitas aset BFI yang dapat diterima, profitabilitas yang memadai, dan leverage yang rendah.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA' menunjukkan ekspektasi akan tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.


Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1' menunjukkan kapasitas paling kuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara yang sama. Di bawah skala Peringkat Nasional agensi, peringkat ini diberikan pada risiko gagal bayar terendah relatif terhadap orang lain di negara atau kesatuan moneter yang sama. Jika profil likuiditas sangat kuat, tanda "+" ditambahkan ke peringkat yang diberikan.

 

Profil Kredit yang Memuaskan: Peningkatan peringkat mencerminkan ekspektasi kami bahwa profitabilitas BFI yang berada di atas pesaing, selera leverage yang rendah, dan kebijakan likuiditas yang stabil akan membantu mempertahankan kapasitas pembayaran utang yang memuaskan, sepadan dengan tingkat peringkatnya yang lebih tinggi. Kami berharap kekuatan kredit ini akan bertahan melalui siklus kredit, didukung oleh status BFI sebagai perusahaan pembiayaan dan leasing independen terbesar di Indonesia, kepemimpinan dalam ceruk pembiayaan kendaraan bekas dan tim manajemen yang berpengalaman.

 

Pembiayaan Kendaraan Bekas: BFI terutama beroperasi pada refinancing kendaraan bekas, yang menyumbang 77% dari portofolionya pada tahun 2022, terutama dengan jaminan mobil bekas. BFI memiliki pangsa pasar terdepan sebesar 20% di segmen pembiayaan kendaraan bekas, meskipun waralaba di sektor keuangan dan leasing secara keseluruhan lebih sederhana sekitar 3%-4%. BFI telah melakukan diversifikasi ke segmen bisnis lain, seperti pembiayaan alat berat dan properti, meskipun masih sederhana.

 

Kualitas Aset yang Dapat Diterima: Fitch mengharapkan pemantauan dan pengendalian risiko yang mapan dari BFI untuk mendukung kualitas aset melalui siklus ekonomi, didukung oleh pengalaman manajemen di ceruk targetnya. Hal ini terlepas dari eksposur BFI pada segmen pembiayaan kendaraan bekas yang berisiko lebih tinggi. Rasio pembiayaan bermasalah BFI pada tahun 2022 adalah sebesar 1,0% (2021: 1,3%), di bawah rata-rata industri sebesar 2,3%. Tagihan bersih sebesar 1,0% juga di bawah banyak rekan. Kinerja kualitas aset BFI stabil dalam satu dekade terakhir, dan perusahaan telah menyelesaikan portofolio pinjaman yang direstrukturisasi terkait pandemi.

 

Bisnis Margin Tinggi: Segmen bisnis utama BFI memiliki margin yang lebar dan cenderung melayani peminjam yang tidak terlalu sensitif terhadap harga. Hal ini akan mengurangi dampak kenaikan suku bunga acuan baru-baru ini, serta volatilitas biaya penurunan nilai pada profitabilitas. Laba sebelum pajak BFI/aset rata-rata meningkat menjadi 11,9% pada tahun 2022 (2021: 9,2%; rata-rata industri 2022: 5,6%), di tengah penurunan biaya provisi dan pendanaan hampir sepanjang tahun. Kami berharap peningkatan biaya pendanaan dapat dikelola oleh perusahaan.

 

Kapitalisasi Di Atas Rata-Rata: Leverage BFI - diukur dengan utang/ekuitas berwujud - meningkat menjadi 1,4x pada tahun 2022 (2021: 1,0x; rata-rata industri 2022: 2,1x) karena pertumbuhan pinjaman sebesar 40% selama tahun tersebut. Meskipun demikian, rasio tetap rendah secara absolut dan kami perkirakan leverage akan tetap di bawah 2,5x karena perusahaan terus berkembang, mengingat toleransi leverage yang konservatif dan modal internal yang memadai.