EmitenNews.com - Pemerintah kembali memperbarui data pandemi Covid-19. Hari ini tambahan kasus infeksi virus Corona lebih sedikit dari pada tambahan kasus baru kemarin. Minggu (16/1/2022) ada tambahan 855 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Bandingkan dengan Sabtu (15/1/2022), yang mencatat kasus baru sampai 1.054 penderita. Mari terus tegakkan protokol kesehatan. Karena pandemi Covid-19 belum benar-benar melandai.


Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan data terbaru pandemi Covid-19 itu, sesuai informasi yang dirangkum dalam 24 jam terakhir, mulai Sabtu (15/1/2022) siang hingga Minggu pukul 12.00 WIB. Masyarakat bisa mengakses data tersebut melalui laman https://covid19.go.id/, atau situs resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id, yang setiap sore diperbarui.


Dengan tambahan 855 kasus baru tersebut, jumlah total kasus Covid-19 yang ditemukan di Tanah Air hingga hari ini menjadi 4.271.649 kasus. Dari jumlah tersebut, 8.605 di antaranya masih positif Corona, atau kasus aktif. Mereka masih menjalani perawatan di rumah sakit, atau menjalankan isolasi mandiri.


Total jumlah itu diketahui terhitung sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya penderita infeksi virus Corona penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19), di Tanah Air, Senin (2/3/2020). Kasus perdana itu, menimpa pasangan ibu dan anak perempuannya, warga Kota Depok, Jawa Barat.


Sejak kasus pertama tersebut, jumlah penderita infeksi virus SARS-CoV-2 di Tanah Air terus bertambah. Pandemi Covid-19 kini menjadi momok menakutkan. Indonesia tidak sendiri. Di berbagai belahan dunia, pandemi Covid-19 juga terus menelan korban sampai hari ini.


Satgas Penanganan Covid-19 juga mengumumkan hari ini ada 710 orang di Indonesia yang sembuh dari kasus infeksi virus yang awalnya dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China itu. Dengan begitu jumlah total yang telah sembuh dari Corona sebanyak 4.118.874 orang.


Selain itu, hari Minggu ini juga dilaporkan sebanyak 3 pasien positif Corona di Tanah Air meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah total pasien positif Covid-19 yang tutup usia sampai hari sebanyak 144.170 orang.


Pemerintah juga melaporkan jumlah suspek yang dipantau hari ini. Ada 4.164 suspek yang dipantau. Untuk jumlah spesimen yang diuji hari ini sebanyak 251.488.


Pemerintah terus mengimbau warga agar menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yakni mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjaga jarak.


Di luar itu, pemerintah juga menjalankan program vaksinasi Covid-19. Program ini digencarkan agar tercipta kekebalan komunal (herd immunity). Pemerintah juga telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 hingga 4 untuk menekan laju penyebaran Corona.


Warga diminta menaati aturan yang diberlakukan selama PPKM agar pandemi virus Corona dapat teratasi. Setelah itu, mari terus berdoa agar pandemi Covid-19 melandai, dan berlalu. Dengan begitu kita bisa segera kembali hidup tenang. ***