EmitenNews.com - Di tengah kabar baik pandemi Covid-19, Jawa Barat menjadi penyumbang terbanyak kasus harian, per Minggu (12/9/2021). Provinsi yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil itu, mencatat 567 kasus baru, atau terbesar sumbangannya untuk tingkat nasional yang seluruhnya bertambah sebanyak 3.779 penderita, hari ini. Di bawah Jabar, ada Jawa Timur dengan 367 kasus dan DKI Jakarta sebanyak 306 kasus harian.


Seperti kita tahu, pemerintah mengumumkan data terbaru itu, melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19, berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia dalam 24 jam terakhir. Masyarakat dipastikan bisa mengakses data mutakhir yang diupdate mulai Sabtu (11/9/2021) siang hingga Minggu pukul 12.00 WIB itu, melalui situs Covid19.go.id, atau situs resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id, yang setiap sorenya diperbarui.


Setelah tiga provinsi dengan kasus harian Covid-19 terbanyak itu, juga ada Sumatera Utara yang tergolong tinggi penambahannya hari ini. Provinsi yang dipimpin Gubernur Edy Rahmayadi itu, mencatat kasus baru sebanyak 281 penderita, per hari Minggu ini.


Setelah itu, sejumlah daerah dengan kasus baru di atas 150-an penderita baru, di antaranya Jawa Tengah: 168 kasus. Lainnya, di luar Pulau Jawa. Yaitu, Kalimantan Timur: 166 kasus, Kalimantan Utara: 159 kasus. Lalu, Riau, dan Bali, yang mencatat masing-masing 152 kasus baru.


Di bawahnya lagi, sedikitnya ada empat provinsi dengan penambahan kasus harian Covid-19, di antara 120-150 kasus. Yaitu, Daerah Istimewa Yogyakarta: 146 kasus. Kemudian, Aceh: 125 kasus, dan Bangka Belitung: 124 kasus, serta Kalimantan Barat sebanyak 120 kasus.


Meski ada trend penurunan kasus secara nasional dalam beberapa hari terakhir, Menko Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan Muhadjir Effendy benar: jangan sampai membuat kita lengah, dan terlalu bereuforia, sehingga lupa diri. Tetaplah waspada akan bahaya infeksi virus Corona penyebab coronavirus disease 2019, atau Covid-19.


Mari terus menegakkan protokol kesehatan secara ketat. Jangan lupa dengan imbauan 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19. Setelah itu kita berharap virus SARS-CoV-2 ini, enyah dari Tanah Air. Setelah itu kita semua berharap bisa kembali hidup normal seperti ketika pandemi Covid-19 belum melanda negeri tercinta ini. ***