EmitenNews.com - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mengklaim bahwa telah menutup tahun 2021 dengan pencapaian rekor tertinggi, dalam hal pencapaian pangsa pemirsa di slot prime-time dengan pangsa pemirsa rata-rata 52,2%, yang merupakan peningkatan sebesar 14,7% dibandingkan pencapaian pada tahun 2020 yaitu sebesar 37,5%.

 

Kontributor utama dari kenaikan yang signifikan dari pangsa pemirsa prime-time Perseroan adalah berasal dari jajaran serial drama dengan performa yang kuat, diproduksi seluruhnya oleh PT MNC Studios International Tbk (MSIN) dan berbagai program spesial in-house, seperti X Factor Indonesia, Indonesian Idol, dan Master Chef Indonesia.

 

“Selain itu, pada slot all-time, MNCN mampu meraih pangsa pemirsa sebesar 44,8%, atau peningkatan sebesar 8,8% dari pencapaian pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 36%,” tulis manajemen MNCN dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

 

Program-program Perseroan telah berkinerja sangat baik di tahun ini, dengan menempati 20 programnya sebagai 20 program terbaik di sepanjang tahun 2021.[3] Selain itu, produksi internal Perseroan telah berkontribusi dengan mengambil bagian terbesar dari program-program terpopular ini, yang memungkinkan monetisasi iklan lebih jauh melalui iklan non-reguler yang ditempatkan di dalam konten. 

 

Pada tahun 2022, Perseroan berencana untuk memonetisasi konten internalnya lebih lanjut melalui iklan kreatif dengan meningkatkan penyiaran konten siaran lokal dibanding asing untuk mendekati rasio 90%:10% dibandingkan sebelumnya yaitu sekitar 80%:20% pada tahun 2021.

 

Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group mengatakan, Saya sangat senang untuk melaporkan suatu pencapaian dari tahun yang sangat solid bagi performa FTA dan konten MNCN, dan mampu menghasilkan peningkatan pendapatan di seluruh bisnis Perseroan yang diyakini akan melampaui tingkat pra-pandemi, yang tentu saja sangat menggembirakan meskipun saat ini kita masih menghadapi situasi pandemi. Saya percaya, di tahun 2022, akan menjadi tahun yang tiada duanya bagi grup karena kami telah memutuskan untuk mengkonsolidasi aset digital MNC Media di bawah MSIN. 

 

Setelah merencanakan integrasi ini pada tahun 2021, kami sangat menantikan dan gembira pada nilai yang akan diciptakan oleh kombinasi aset digital kami. Tidak lama lagi, saya sangat yakin bahwa pasca-konsolidasi, MNCN dan MSIN akhirnya akan mendapatkan penilaian yang layak di pasar modal. Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022, semoga prestasi yang kita dapatkan akan terus melampaui tahun sebelumnya, tutup Hary Tanoe.