EmitenNews.com - Pefindo telah memutuskan untuk menegaskan peringkat idA untuk PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk (SRAJ) dan Obligasi I/2022. Menurut informasi yang dilaporkan oleh Pefindo, prospek peringkat perusahaan ini stabil.

Peringkat perusahaan mencerminkan kualitas layanan SRAJ yang baik, potensi pertumbuhan pendapatan yang kuat, dan permintaan yang kuat untuk layanan kesehatan. 

Namun, peringkat perusahaan dibatasi oleh struktur permodalan yang moderat dan persaingan yang ketat di industri rumah sakit. 

Pefindo menjelaskan bahwa peringkat dapat dinaikkan jika SRAJ secara signifikan memperkuat posisi bisnisnya, dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan peningkatan marjin EBITDA, yang mencerminkan keberhasilannya dalam melaksanakan proyek ekspansi rumah sakit. 

Hal ini juga harus dibarengi dengan perbaikan struktur permodalan yang berkelanjutan. Di sisi lain, peringkat dapat diturunkan jika kinerja bisnis Perusahaan memburuk atau proteksi arus kas Perusahaan melemah, sebagai akibat dari penurunan signifikan dalam marjin atau investasi yang didanai oleh utang lebih tinggi dari yang diproyeksikan.

Didirikan pada tahun 1991, SRAJ menyediakan layanan medis dengan merek 'Mayapada'. Perusahaan mengoperasikan 6 rumah sakit yang terletak di Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung. Per 31 Desember 2023, pemegang sahamnya adalah PT Surya Cipta Inti Cemerlang (59,99%), High pro Investment Limited (18,17%), Wing Harvest Limited (10,63%), dan lainnya termasuk publik (11,21%).