EmitenNews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat Obligasi Berkelanjutan (PUB) III Tahap II, Tahap III, dan Obligasi PUB IV Tahap I PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menjadi idB dari idD.

Pefindo dalam rilisnya Rabu (17/4) menyebutkan tindakan pemeringkatan ini menindaklanjuti persetujuan pemegang obligasi tanggal 21-22 Februari 2024 untuk merestrukturisasi obligasi tersebut.


Namun PEFINDO mempertahankan peringkat WSKT di idSD dan peringkat Obligasi PUB III Tahap IV di idD karena WSKT belum mendapatkan persetujuan restrukturisasi dari pemegang obligasi tersebut.

 

Kami juga mempertahankan peringkat untuk Obligasi III dan Obligasi IV WSKT di idAAA(gg) serta Sukuk Mudharabah I di idAAA(sy)(gg) yang mencerminkan jaminan penuh, tanpa syarat, dan tidak dapat dibatalkan dari Pemerintah Indonesia.

Kreditur telah mengijinkan WSKT untuk tetap memenuhi kewajiban keuangan atas surat utang dengan penjaminan Pemerintah dan Perusahaan telah mengalokasikan dana yang cukup untuk membayar kewajiban kupon Sukuk dan Obligasi dengan penjaminan yang akan segera jatuh tempo.

WSKT merupakan perusahaan konstruksi milik negara yang menyumbang sekitar 80% pendapatan pada tahun 2023 untuk penyediaan pekerjaan konstruksi.

Bisnis lainnya meliputi beton pracetak, fabrikasi baja, jalan tol, properti, dan energi. Per 31 Desember 2023, pemerintah Indonesia memegang 75,35% saham WSKT, dan sisanya dimiliki publik.