Pefindo Tegaskan Peringkat CSM Corporatama (CSMC) Pada idBBB+ Dengan Outlok Stabil

17/05/2021, 10:57 WIB

Pefindo Tegaskan Peringkat CSM Corporatama (CSMC) Pada idBBB+ Dengan Outlok Stabil

EmitenNews.com- PEFINDO memberikan peringkat "idBBB+" untuk PT CSM Corporatama (CSMC). Prospek untuk peringkat Perusahaan adalah "stabil".


Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor lebih mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi.


Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan. Peringkat tersebut mencerminkan posisi bisnis yang kuat, profil armada yang baik, dan basis klien yang kuat. Namun peringkat tersebut dibatasi oleh leverage keuangan Perusahaan yang tinggi, perlindungan arus kas yang lemah, dan kompetisi yang ketat serta sensitifitas terhadap perubahan makro ekonomi.


Peringkat dapat dinaikkan jika CSMC meningkatkan pangsa pasar bisnis logistik dan penyewaan mobil, serta secara konsisten melampaui target pertumbuhan pendapatan dan memperbaiki leverage keuangannya secara signifikan dan berkelanjutan. Peringkat tersebut dapat diturunkan jika CSMC gagal mencapai target pendapatan dan/atau marjin profitabilitasnya, dan jika Perusahaan membiayai belanja modal dengan utang yang jauh lebih besar dari yang diproyeksikan tanpa dikompensasi oleh perbaikan kinerja bisnis.


Didirikan pada tahun 1987, CSMC, yang lebih dikenal dengan Indorent dan Seino, menyediakan layanan transportasi terpadu terutama untuk sektor korporat dan sektor logistik, layanan manajemen pengemudi, dan layanan pemasangan kaca film. Per tanggal 31 Desember 2020, Perusahaan dimiliki oleh PT Indomobil Multi Jasa Tbk (99,99%) dan PT IMG Sejahtera Langgeng (0,01%)


Author: Rizki