EmitenNews.com – PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) menegaskan peringkat "idAAA" untuk Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2017 Tahap II Seri C PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) senilai Rp925 miliar yang akan jatuh tempo pada tanggal 11 April 2022.

 

Kesiapan Bank untuk melunasi Obligasi tersebut didukung oleh aset likuid dalam bentuk penempatan pada Bank Indonesia dan bank-bank lainnya senilai Rp122,7 triliun pada akhir Desember 2021.

 

Efek utang dengan peringkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh PEFINDO. Kemampuan obligor untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut dibandingkan obligor Indonesia lainnya adalah superior.

 

BBRI adalah bank komersial milik Pemerintah, yang berfokus pada kredit mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan menjadi perusahaan holding Ultra Mikro. Perusahaan memiliki 60.966 karyawan (induk perusahaan saja) yang beroperasi di dalam jaringan BBRI sebanyak 8.647 outlet yang berlokasi di seluruh Indonesia. Pada akhir Desember 2021, BBRI dimiliki oleh Pemerintah Indonesia sebesar 53,19% dan sisanya oleh masyarakat sebesar 46,81.