EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mempertegas bahwa peringkat PT Mandala Multifinance Tbk tetap di level idAAA dengan prospek yang stabil. 

Selain itu, Pefindo juga menegaskan peringkat idAAA untuk obligasi Mandala Finance yang masih beredar, serta peringkat idAAA(sy) untuk sukuk yang masih beredar.

Peringkat Mandala Finance didorong oleh dukungan yang sangat kuat dari MUFG Bank, sementara profil kredit standalone mencerminkan modal yang sangat kuat dan kinerja profitabilitas yang tinggi. Namun, peringkat ini terbatas oleh kualitas aset yang moderat.

"Kami akan menurunkan peringkat jika terjadi penurunan tingkat dukungan dari MUFG Bank, terutama jika indikator bisnis dan keuangan Mandala Finance mengalami penurunan substansial tanpa adanya tanda-tanda bantuan langsung dari induk," ungkap Handhayu Kusumowinahyu, Analis Pefindo dalam pernyataan resmi.

Saat ini, Mandala Finance memusatkan perhatian pada pembiayaan sepeda motor baru dan bekas. Data per 13 Maret 2024, menunjukkan bahwa MUFG Bank memiliki kepemilikan sebesar 70,6%, PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance) sebesar 10%, dan sisanya dimiliki oleh publik sebesar 19,4%.