EmitenNews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memantapkan peringkat "idBBB-" untuk Obligasi Subordinasi I/2014 yang diterbitkan PT Bank Capital Indonesia Tbk (Bank Capital). Obligasi senilai Rp200 miliar ini akan jatuh tempo pada 13 Januari 2022.


Kesiapan Perusahaan untuk melunasi obligasi tersebut didukung oleh aset likuid dalam bentuk penempatan pada Bank Indonesia dan bank lain senilai Rp5,6 triliun pada akhir September 2021.


Efek utang dengan peringkat idBBB mengindikasikan parameter proteksi yang memadai dibanding efek utang Indonesia lainnya.


"Walaupun demikian, kondisi ekonomi yang buruk atau keadaan yang terus berubah akan dapat memperlemah kemampuan emiten terhadap komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang," sebut Pefindo memperingatkan.


Terkait itu tanda kurang (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.


Didirikan pada tahun 1989, Bank Capital adalah bank komersial yang fokus pada pembiayaan segmen ritel. Kegiatan operasional Perusahaan didukung oleh kantor pusat, 4 kantor cabang, 14 kantor cabang pembantu, dan 63 kantor kas.


Pada 30 September 2021, 14,71% saham dimiliki oleh PT Inigo Global Capital, 13,96% oleh PT Delta Indo Swakarsa, 10,94% oleh PT Asuransi Simas Jiwa, dan 60,39% oleh publik. PT Inigo Global Capital dan PT Delta Indo Swakarsa dimiliki oleh Danny Nugroho.(fj)