EmitenNews.com - PEFINDO menetapkan peringkat idAA+ dengan prospek stabil untuk PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance). atau (WOMF). Peringkat tersebut terutama mencerminkan kemungkinan yang tinggi akan diperolehnya dukungan dari induk Perusahaan, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia, peringkat idAAA/stabil).

Profil kredit standalone WOM Finance didukung oleh posisi pasar yang kuat dan profil likuiditas yang kuat, tetapi dibatasi oleh indikator kualitas aset dan profitabilitas yang moderat.

 

Peringkat dapat dinaikkan jika PEFINDO melihat adanya tingkat dukungan yang lebih kuat dari Maybank Indonesia, yang dapat dipicu oleh kemampuan WOM Finance dalam memperkuat posisi bisnisnya dan memperbaiki profil keuangannya secara konsisten.

Namun, peringkat dapat diturunkan jika dukungan dari Induk Perusahaan melemah, yang ditunjukkan dengan penurunan kepemilikan yang material, atau jika salah satu profil bisnis atau keuangannya melemah secara substansial, tanpa adanya sinyal langsung dari pemegang saham untuk memberikan dukungan.

 

WOM Finance adalah penyedia solusi keuangan, dengan fokus pada pembiayaan motor baru dan refinancing. WOM Finance memiliki jaringan pemasaran 162 kantor cabang dan 40 kantor non-cabang per 31 Desember 2023 (FY2023). Pemegang saham Perusahaan terdiri dari Maybank Indonesia (67,49%), PT Wahana Makmur Sejati (25,01%), dan publik (7,50%).