EmitenNews.com - PT Bukalapak.com (BUKA) menjadi pemegang 11,49 persen saham Allo Bank (BBHI). Itu setelah menyerap 2,49 miliar right issue bank milik konglomerat kakap Chairul Tanjung (CT) tersebut. Perseroan mendapat limpahan saham itu, dari Mega Corpora.


Bukalapak.com merogoh kocek Rp1,19 triliun untuk menebus saham setara 11,49 persen bernominal Rp100 per lembar dengan harga pelaksanaan Rp478 per lembar. Transaksi itu, diharap dapat mengembangkan cakupan penawaran, aksesibilitas kredit bagi para pelaku usaha pada area pinggiran, memperdalam, dan memperluas penetrasi ke seluruh penjuru Indonesia.


Bukalapak.com juga berharap, dengan penetrasi telepon seluler sebanyak 80 persen, Indonesia dinilai siap dengan kehadiran bank digital. ”Dengan menggabungkan kapabilitas teknologi dengan touchpoint offline, kami makin mengakselerasi implementasi layanan perbankan ke seluruh tanah air. Itu selaras dengan kebijakan inklusi finansial pemerintah,” tutur Corporate Secretary Bukalapak.com Perdana A. Saputro, Kamis (20/1).


Sekadar informasi, pada 5 Januari 2022, Bukalapak.com membeber rencana investasi di Allo Bank. Selain Bukalapak.com, ada lima pihak lain bertindak sebagai investor strategis Allo Bank. Meliputi Abadi Investments Pte.Ltd, Indolife Investama Perkasa, H Holdings Inc dan Trusty Cars Pte.Ltd, dan CT Corpora. 


Allo Bank menerbitkan 10,04 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp100 per saham dengan harga pelaksanaan Rp478 per saham. Menyusul aksi dengan skema harga itu, Allo Bank meraup Rp4,8 triliun. (*)