EmitenNews.com - Pemerintah siap melaksanakan sistem pembayaran tol menggunakan metode non-tunai nirsentuh dan nirhenti. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) siap melaksanakan sistem pembayaran tol Multi Lane Free Flow (MLFF) itu, secara selektif mulai akhir 2023. Uji coba MLFF perdana di Tol Bali - Mandara sebagai barometer atau milestone penting.

 

"Kami tetap berkomitmen bersama-sama teman-teman Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada akhir tahun ini sudah mulai melaksanakan (MLFF) secara selektif," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam seminar daring, Selasa (21/3/2023).

 

Badan Usaha Pelaksana mulai sekarang sampai Desember 2023, akan melaksanakan MLFF secara selektif pada ruas-ruas yang dinilai sudah siap untuk diimplementasikan.

 

Menurut Danang Parikesit, BPJT Kementerian PUPR rencananya melakukan uji coba perdana MLFF di Jalan Tol Bali - Mandara pada Juni 2023.

 

Uji coba MLFF perdana di Tol Bali - Mandara dipilih karena merupakan barometer atau milestone penting dalam rangka melakukan pengujian terhadap aspek-aspek lainnya terkait MLFF, termasuk aspek regulasi.

 

"Uji coba ini suatu milestone penting untuk menguji integritas dari sistem yang dibangun secara teknologi. Setelah uji coba ini nantinya jadi milestone untuk melakukan uji coba lainnya yakni menguji keandalan regulasi supaya sistem MLFF ini bisa terlaksana dengan baik dan efektif di lapangan," kata Danang Parikesit. ***