EmitenNews.com - Pembangunan Istana Negara dan Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, selesai pada Juli 2024. Dengan begitu sesuai target menurut Menteri Pekerjaan Rumah dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat melakukan upacara 17 Agustus 2024 di ibu kota baru tersebut.


“Di depan kawasan Istana Presiden terdapat plaza dan lapangan upacara. Kita harapkan akhir Desember 2023 tempat upacaranya sudah selesai, sedangkan Istana Negara dan Kantor Presiden akan selesai pada Juli 2024. Sehingga Insya Allah jika Presiden berencana upacara 17 Agustus 2024 sudah bisa," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (29/7/2023).


Saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 36 persen dan seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule).


Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur IKN berjalan sesuai  jadwal pelaksanaan, bahkan ada beberapa progres pembangunan yang lebih cepat dari rencana. Di antaranya, pembangunan bangunan Gedung Istana Negara, Kantor Presiden dan Penataan Sumbu Kebangsaan.


“Infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan di KIPP ini merupakan modal bagi Otorita IKN Nusantara untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor untuk berinvestasi,” ujar Basuki Hadimuljono.


Basuki mengatakan konstruksi untuk pembangunan gedung-gedung perkantoran BUMN, Bank Indonesia, rumah sakit dan hotel juga segera dimulai di IKN.


Selanjutnya Menteri Basuki juga meninjau pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri dengan progres 18,26 persen dan Kantor Kementerian Koordinator 1 mencapai 9,8 persen.


"Saya minta kawasan ini mulai dihijaukan dan ditanami pohon-pohon rindang. Persemaiannya sudah kita siapkan di beberapa titik dengan puluhan ribu pohon, termasuk untuk penghijauan di koridor tol, seperti pulai, keppel, sawo, asam jawa, beringin, tabebuya dan sukun,” kata Basuki.


Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan sejumlah infrastruktur pendukung kawasan IKN Nusantara, di antaranya pembangunan Prasarana Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Sungai Sepaku, Embung Mentawir, Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), dan Bendungan Sepaku Semoi yang segera selesai dan akan dilakukan penggenangan bendungan. ***