EmitenNews.com - Pemegang saham lama langsung melego sebanyak 56,4 juta lot saham atau setara 10 persen PT Avia Avian Tbk (AVIA) tak lama berselang resmi tercatat pada papan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (08/12/2021) pagi ini.

 

Berdasarkan data perdagangan saham hari ini Kamis (8/12), transaksi di pasar negosiasi itu terjadi pada harga Rp920 per lembar saham. Sehingga total nilai transaksi yang terjadi 1 kali itu mencapai Rp5,241 triliun.

 

Dalam prospektus IPO emiten cat itu tertulis, bahwa pelaksanaan pelepasan saham Pemegang Saham Penjual direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal pencatatan di BEI dengan harga penawaran yang sama dengan penawaran umum yakni Rp930 per lemnbar saham.

 

Dijelaskan, investor-investor institusi namun tidak terbatas pada Dana Pensiun, Manajer Investasi, Asuransi dari dalam negeri maupun internasional, menjadi target penawaran saham dalam penawaran terbatas saham milik Pemegang Saham Penjual.

 

“Dengan demikian, rencana pelepasan saham Pemegang Saham Penjual bukan merupakan Penawaran Umum berdasarkan UU Pasar Modal,” tulis manajemen AVIA.

 

Pelaku pasar menanggapi hal itu dengan segera melakukan aksi jual. Hingga penutupan perdagangan saham sore ini saham AVIA  turun 65 point atau 7 persen ke level 865 dari harga perdana Rp930. Nilai penjualan transaksi asing atau net sel pada di AVIA sebesar Rp135,2 miliar.