EmitenNews.com - PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) mulai hari ini 1 Agustus 2022 hingga 3 Agustus 2022  melakukan penawaran umum perdana saham  initial public offering (IPO) dengan memasang harga Rp126 per saham. Harga tersebut merupakan diatas harga terendah  pada masa book building pada 18-22 Juli 2022 yaitu Rp120-Rp130 per saham.

 

Dalam prospektus e-ipo hari ini Senin (1/8) disebutkan, emiten pengelola waralaba Kebab Turki ini melepas sebanyak 948.090.000  saham atau 30,31% saham dari modal disetor dan ditempatkan penuh setelah IPO pada harga nominal Rp15 per saham.  Sehingga dana yang bakal diraup dari IPO ini sebesar Rp 119,45 miliar.

 

Selain saham perseroan juga menerbitkan 474.045.000 waran seri I yang diberikan secara gratis sebagai insentif bagi para pemegang saham IPO. Setiap pemgang dua saham IPO berhak memperoleh satu waran seri I yang- memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru dengan harga Rp 158. Waran seri I dapat direalisasikan mulai 6 Februari 2023 sampai 7 Agustus 2023. Dana dari waran seri I ditaksir sebesar Rp 74,89 miliar.



PT Investindo Nusantara Sekuritas bertindak sebagai penjamin emisi efek. Adapun jadwal pelaksanaan, Penjatahan pada 03 Augustus 2022, Distribusi pada 4 Agustus 2022. Sedangkan Pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada 5 Agustus 2022.

 

Seluruh dana hasil dari IPO ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, sebesar Rp 13 miliar akan digunakan untuk pelunasan pembayaran rencana transaksi akuisisi PT Lazizaa Rahmat Semesta. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan, yang digunakan untuk pembelian bahan baku waralaba, bahan baku segar, sewa gudang, biaya gaji karyawan dan pemeliharaan.

 

Diketahui, Sari Kreasi Boga adalah suatu perseroan terbatas yang saat ini bergerak di bidang penjualan bahan baku dan waralaba makanan dan minuman. Waralaba makanan dan minuman yang dimiliki dan dikuasai oleh perseroan adalah Kebab Turki Babarafi, Container Kebab by Babarafi, Smokey Kebab, Sueger, Kebab Kitchen, Babarafi Café, Ayam Utuh, Jellyta, Raffi Express, dan Ayam Pul.

 

RAFI telah miliki 969 outlet mitra waralaba yang tersebar di seluruh kota besar yang ada di Indonesia seperti DKI Jakarta, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, D.I.Y Yogyakarta, Riau, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat