EmitenNews.com - PT Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) memperkuat modal PT Sumber Indah Lestari Rp23,07 miliar. Suntikan modal itu, untuk mempertahankan persentase kepemilikan. Selain itu, juga untuk menambah investasi.


Transaksi pengelola jaringan minimarket Alfamart itu, dilakukan untuk memperkuat posisi perseroan, dan pemegang saham lain. ”Transaksi bertujuan mempertahankan persentase kepemilikan saham,” tulis manajemen Sumber Alfaria.


Menyusul transaksi pada 11 Agustus 2022 itu, jumlah saham Sumber Alfaria bertambah menjadi 443.077 saham senilai Rp480 miliar. Menanjak dari sebelum transaksi 420 ribu saham dengan nilai Rp443,07 miliar dari jumlah modal ditempatkan dan disetor Penuh.


Sumber Indah Lestari, anak usaha Sumber Alfaria dengan porsi kepemilikan saham sebanyak 92,30 persen. Sumber Indah Lestari tercatat bergerak dalam aktivitas perdagangan eceran kosmetik. Sumber Indah Lestari pada 2020 juga telah meningkatkan modal saham ditempatkan dan disetor penuh menjadi Rp455 miliar. Di mana, Sumber Alfaria menyetor Rp70 miliar.


Sementara itu, pemegang saham lain yakni PT Amanda Cipta Persada setuju tidak terlibat mengambil bagian atas penempatan saham baru tersebut. Setelah transaksi itu, persentase kepemilikan Sumber Alfaria menjadi 92,31 persen, dan Amanda Cipta Persada 7,69 persen. (*)