EmitenNews.com - Ini antara lain bukti Indonesia berkomitmen pada ekonomi hijau. Itu yang dilihat Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Thohir dalam penggunaan mobil listrik untuk melayani tamu dan delegasi negara-negara peserta Parliamentary Speakers Summit (P20). Ia menilai anak-anak bangsa mampu berperan dalam memproduksi mobil listrik, agar Indonesia meninggalkan energi fosil. Ketua DPR Puan Maharani sempat menjajal salah satu dari 55 mobil listrik yang disediakan untuk para tamu dalam kegiatan P20 itu.


"Saya sangat mengapresiasi penggunaan mobil listrik untuk melayani tamu dan delegasi peserta pertemuan P20. Hal ini menunjukkan kepada dunia bahwa negara kita berkomitmen melakukan ekonomi hijau lewat penggunaan mobil listrik yang berbasis zero emission," ujar Achmad Hafisz Thohir, di sela-sela pertemuan bilateral DPR dengan Parlemen Amerika Serikat dalam Forum P20, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/10/2022).


Penggunaan mobil listrik dalam ajang P20 ini, ke depan diharapkan dapat menjadi pemicu kemunculan kesadaran seluruh elemen bangsa Indonesia bahwa Indonesia berkomitmen memanfaatkan mobil listrik demi mendukung ekonomi hijau, meskipun masih tergolong sebagai negara berkembang.


Dalam pandangan Hafisz, Indonesia sebenarnya mampu melakukan transformasi teknologi dan memproduksi banyak mobil listrik. Hal tersebut, kata dia, didukung oleh keberadaan universitas-universitas hebat yang mampu mendidik anak didiknya untuk melakukan transformasi teknologi.


"Secara teknik, tidak ada ilmu yang terlalu sulit agar kita bisa melakukan transformasi teknologi, seperti pembuatan mobil listrik ini. Kita punya berbagai universitas hebat. Ada Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Indonesia (UI), dan lain sebagainya," ujar Achmad Hafisz Thohir.


P20 digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada 6-7 Oktober 2022. Acara ini merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali, Oktober-November 2022. Selain memegang kursi Presidensi G20 untuk pertama kalinya, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral tersebut. ***