EmitenNews.com - Ini bagian dari langkah pemerintah dalam memperbaiki kualitas lingkungan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menghapus BBM jenis Premium. Penghapusan BBM jenis murah ini dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas lingkungan di Indonesia. Pertalite dinilai bisa menjadi pengganti bensin, meski juga harus diperbaiki kualitasnya.


Dalam Konferensi Pers Virtual terkait Update Kebijakan dan Capaian Kinerja Sektor ESDM Triwulan III-2021, Senin (25/10/2021), Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, pihaknya berkomitmen memperbaiki kondisi lingkungan, sehingga, kemungkinan akan mengambil langkah menghapus Premium ke depan.


Selain memperbaiki lingkungan, rencana penghapusan Premium juga mempertimbangkan aspek penurunan jumlah pengguna. Mayoritas pengguna Premium kini telah beralih ke Pertalite.


"Premium ini kan secara volume sebenarnya sudah semakin kecil. Masyarakat sudah shifting (beralih) ke Pertalite. Premium ini hanya tinggal tujuh negara yang pakai Premium itu," terangnya.


Oleh karena itu, pihaknya membuka opsi untuk penghapusan BBM jenis Premium ke Pertalite. Mengingat, kandungan RON lebih tinggi yang dimiliki Pertalite. "Pertalite bisa menggantikan Premium. Tapi Pertalite juga perlu diperbaiki kualitasnya." ***