EmitenNews.com - PT Avia Avian (AVIA) mengangkat Angelica Tanisia Jozar sebagai Direktur Research, Development, and Innovation (RDI). Sejak kali pertama gabung pada 2018, Angelica telah berperan penting dalam pengembangan, dan inovasi berbagai produk baru memperkuat daya saing perseroan. 


Angelica merupakan direktur perempuan pertama bergabung dalam dewan direksi Avia Avian. Pengangkatan Angelica itu, menambah jumlah proporsi direksi independen menjadi total dua orang dari lima anggota direksi, melengkapi satu orang komisaris independen dari total dua anggota komisaris. Selain itu, juga menambah porsi kepemimpinan perempuan dalam jajaran manajemen puncak Avia Avian. 


Kondisi itu, menunjukkan komitmen Avia Avian terhadap peningkatan tata kelola perusahaan secara baik, dan mendorong kesetaraan gender. Sebelum bergabung dengan Avia Avian, Angelica menjabat sebagai Manager RDI Divisi Trade Unit PT Nipsea Paint & Chemicals selama kurang lebih delapan tahun (2010-2018). 


Selain itu, Angelica juga pernah menjabat Kepala Produksi PT Tiga Arga selama kurang lebih tujuh tahun (2003-2010). Angelica menerima gelar profesi insinyur dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Indonesia, pada 2021, dan Sarjana Teknik dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Indonesia, pada 2003. 


Selama bergabung di Avia Avian, Angelica dan tim RDI telah banyak memunculkan berbagai inovasi produk baru yang turut memperkuat posisi perseroan di pasar. Selain itu, juga menghasilkan beberapa produk paten. Salah satunya Avitex One Coat, cat tembok, dan plafon dengan teknologi 1 kali lapis pertama di Indonesia. 


Sejak 2018, berbagai inovasi produk baru telah diluncurkan pada kategori cat dinding, cat pelapis anti bocor, cat perawatan kayu, dan produk lainnya. Pada 2022, ada beberapa inovasi produk baru yang diluncurkan pada kategori cat perawatan kayu. Sedang pada segmen cat pelapis anti bocor, inovasi produk baru yaitu No Drop Anti Panas, memiliki keunggulan untuk menurunkan suhu ruangan sampai dengan 7?C, produk pertama di kelasnya dengan keunggulan tersebut. 


Selain itu, segmen cat dinding, produk baru diluncurkan yaitu Avitex Anti Viruz, merupakan cat dinding dengan fitur anti-virus Corona pertama diluncurkan untuk segmen menengah. Inovasi produk baru sangat diperlukan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, khususnya di tengah intensitas persaingan makin ketat, dan kondisi pasar menantang. 


Inovasi produk, didukung pengembangan saluran distribusi, dan strategi pemasaran berkelanjutan menjadi pengampu dalam memperoleh pangsa pasar lebih besar. Pengembangan dan inovasi produk berkelanjutan menjadi fokus perseroan untuk memperluas portofolio produk tersedia di pasar. Pengembangan produk baru itu, juga tentu didasarkan pada kebutuhan pelanggan, dan kondisi pasar. 


Selain itu, beberapa produk Perseroan juga memperoleh sertifikasi green label Singapore, sertifikasi diberikan untuk produk dengan kandungan Volatile Organic Compound (VOC) rendah, bebas kandungan logam berat, penggunaan bahan baku berbasis bio atau bahan baku alternatif lainnya. Per semester pertama 2022, ada 17 produk perseroan telah memiliki sertifikasi Green Label Singapore. (*)