EmitenNews.com - Darma Henwa Tbk. (DEWA) melalui anak usahanya yaitu PT Dire Pratama bekerjasama dengan PT Berkah Bahtera Madani dan PT Lloyd Express Indonesia mendirikan perusahaan baru bernama PT Dire Logistik Indonesia (DLI) pada tanggal 30 November 2021.

 

Menurut keterangan tertulis Mukson Arif Rosyidi Chief Investor Relations & Corporation Secretary DEWA Rabu ini menyampaikan bahwa DLI bergerak di bidang jasa logistik, dengan kepemilikan saham PT Dire Pratama memiliki 40% saham sedangkan PT Bahtera Mandiri memiliki 30% saham, dan PT Lloyd Express Indonesia memiliki 30% saham.

 

Sebagai informasi, PT Dire Pratama adalah anak usaha DEWA yang bergerak di bidang badan usaha pelabuhan. Sedangkan PT Berkah Bahtera Madani dan PT Lloyd Express Indonesia adalah Perusahaan jasa logistik yang sudah beroperasi sejak tahun 2014 dan 2017

 

Tujuan pendirian DLI adalah untuk pengembangan usaha, menunjang kegiatan usaha pokok PT Dire Pratama sebagai badan usaha pelabuhan, serta mengoptimalkan potensi pasar di area kerja PT Dire Pratama dan area lain di wilayah Indonesia.

 

"Pendirian perusahaan baru ini juga sebagai langkah diversifikasi usaha DEWA untuk dapat memperkuat struktur bisnis dan meningkatkan nilai tambah di masa yang akan datang dengan pengembangan usaha anak perusahaannya,"tegas Mukson.

 

Ditinjau dari sisi Operasional, pendirian DLI ini akan memperkuat struktur bisnis dan meningkatkan nilai tambah Perseroan di masa yang akan datang, karena Dire sebagai anak Perusahaan akan mendapatkan peluang yang cukup besar untuk pengembangan usaha di bidang jasa logistik di wilayah Indonesia.

 

Sementara itu dari sisi keuangan pendirian DLI, jika sudah beroperasi, kondisi keuangan DEWA akan lebih baik dengan adanya tambahan pendapatan dari perusahaan baru tersebut.

 

"Dengan Pendirian DLI kelangsungan usaha DEWA lebih baik karena akan memperkuat struktur bisnis saat ini , sebagai Perusahaan jasa pertambangan,"pungkasnya.