EmitenNews.com - MNC Studios International (MSIN) mengakuisisi 99,99 persen saham MNC Digital Indonesia (MDI), MNC Portal Indonesia (MPI), dan MNC OTT Network (OTT) senilai Rp3,38 triliun. Itu dilakukan dengan mencaplok saham MDI, dan MPI dari Media Nusantara Citra (MNCN). Lalu, memboyong saham OTT dari MNC Vision Networks (IPTV).


MNC Studios mengambilalih 1.199.999 lembar dengan nominal Rp1 juta sejumlah Rp1,19 triliun saham MDI dari MNCN. Mengakuisisi 584.999.999 lembar bernominal Rp1.000 per saham sejumlah Rp584,99 miliar saham MPI milik MNCN. Dan, mengambil 799.999.000 saham OTT bernominal Rp1.000 per lembar sejumlah Rp799,99 miliar dari IPTV.


Rencana MNC Studios itu, dilanjut dengan penerbitan surat sanggup kepada MNCN mengenai pengambilalihan 99,99 persen saham MDI, dan MPI. Kemudian kepada IPTV sehubungan dengan pengambilalihan 99,99 persen saham OTT. ”Aksi itu akan dilancarkan setelah mendapat restu pemegang saham independen pada hajatan RUPSLB pada 7 Februari 2022,” tutur Ahmad Alhafiz, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (30/12). 


Transaksi itu, untuk mendorong penguatan posisi MNC Studios dalam memberikan berbagai konten lebih relevan, dan secara substansial meningkatkan daya saing menghasilkan konten lebih baik di masa depan. 


Selain itu, rencana MNC Studios menjadi perusahaan terintegrasi yang relevan dengan para pengguna media digital online seluruh Indonesia akan dapat tercapai. Pertimbangan transaksi afiliasi itu, sinergi dapat lebih efektif, dan cepat dilakukan. Itu mengingat budaya kerja, dan nilai-nilai perusahaan telah terbina di bawah naungan MNC Group. 


Pengambilalihan MPI dan MDI dari MNC serta OTT dari MVN dapat memberikan manfaat dan dampak positif dengan pertimbangan setelah akuisisi, MNC Studio akan berperan sebagai Grup Digital Entertainment terbesar, dan terintegrasi. Terdiri dari rumah produksi konten terbesar, manajemen talent terbesar, media sosial dengan traffic terbesar, VOD SUPER APP/SVOD SUPERAPP OTT, portal online, dan lini bisnis khusus E-Sports/Games. 


Selanjutnya, MNC Studios akan memiliki posisi menjanjikan untuk memanfaatkan peluang pasar, pengalaman, dan memperkuat posisinya di industri media. (*)