EmitenNews.com - PT WIKA Industri Manufaktur diminta Menteri BUMN, Erick Thohir, bergabung ke holding BUMN baterai kendaraan listrik atau Indonesia Battery Corporation. Bergabungnya produsen motor listrik Gesits itu, akan memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.


"Generasi muda kita di BUMN memproduksi motor Gesits, itu oleh WIKA, sekarang dari pada WIKA berdiri sendiri kita gabungkan juga ke IBC, bertahap," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam webinar Road to COP26, Jumat (8/10/2021).


Menurut Erick, bergabungnya Gesits itu, sangat penting agar tercipta ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri, baik dari segi baterai, juga kendaraan listrik, seperti sepeda motor dan mobil.


"Dan kita juga sedang lakukan penjajakan investasi lain untuk mobil listrik beralih teknologi," tambahnya.


Saat ini potensi pasar di Indonesia cukup besar untuk menyerap kendaraan. Malah, Indonesia berada di atas Thailand dalam konsumsi kendaraan. Karena itu, Erick meminta jangan baterai kendaraan listriknya kita impor lagi. Minimal harus berpartner dengan kita, sehingga sumber daya alam nikel kita tidak dikirim ke luar negeri secara raw material. Harus diproduksi di sini.


"Ini kita bangun di IBC sekarang yang termasuk dalam konsorsium MIND ID dan Pertamina," kata Menteri BUMN Erick Thohir. ***