EmitenNews.com - Mengantisipasi dampak El Nino atau kemarau ekstrem di Indonesia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memperkuat langkah koordinasi dengan lembaga atau kementerian terkait. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan dalam upaya mengantisipasi dampak kemarau ekstrem itu, diperlukan penguatan koordinasi termasuk dengan pemerintah daerah.

 

"Kami banyak berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga, karena ini cuaca. Jadi bukan hanya Kemendag, ada kementerian dan lembaga lain, termasuk pemerintah daerah," kata Wamendag Jerry Sambuaga di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (22/6/2023).

 

Langkah koordinasi antarkementerian dan lembaga tersebut merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa musim kemarau ekstrem atau El Nino tersebut tidak akan berpengaruh terhadap sektor yang lain.

 

Sejumlah sektor yang menjadi perhatian, antara lain sektor ritel dan perdagangan pada umumnya. Pemerintah akan memastikan ketersediaan pasokan, khususnya untuk bahan kebutuhan pokok penting.

 

"Kita harus memastikan bahwa El Nino tidak mempengaruhi sektor lain seperti ritel, perdagangan dan lainnya," kata Wamendag Jerry Sambuaga. ***