EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) terus melakukan inovasi layanan digital. Itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dan memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi. Terbaru, Bank BTN menerapkan teknologi komputasi cloud.


Itu hasil kerja bareng dengan Google Cloud Indonesia melalui partner lokalnya, PT Multipolar Technology (MLPT). ”Kemitraan ini telah berjalan sejak kuartal I-2022, dalam mempercepat transformasi, dan pemutakhiran layanan digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan,” tutur Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto, di Jakarta, Selasa (23/8).


Menurut Andi Nirwoto, teknologi cloud mampu memberikan keunggulan berupa keandalan teknologi digital pada perusahaan. Nanti pada akhirnya meningkatkan daya saing, dan kemampuan memberi layanan lebih baik kepada para pelanggan, khususnya dalam menjaring generasi milenial. ”Kami memahami tidak hanya diperlukan tekad kuat, dan kerja keras nyata, tetapi juga penting kolaborasi dengan penyedia teknologi inovasi tepat sambil tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, agar BTN dapat selalu terdepan menyediakan layanan modern, dan inovasi digital terpercaya,” imbuhnya.


Guna mewujudkan cita-cita Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia pada 2025, perseroan perlu melakukan ekspansi cepat, dan modernisasi proses bisnis. So, digitalisasi bukan lagi pilihan tetapi keharusan. Itu akan lebih mudah direalisasikan melalui teknologi informasi berbasis Cloud. 


”Kemitraan dengan Google Cloud Indonesia dan Multipolar Technology sebagai mitra implementasi, langkah penting bagi BTN menjadi inovator layanan digital, transformasi digital lebih cepat, pengelolaan operasional lebih andal, dan biaya investasi relatif lebih baik. Yang juga tidak kalah penting untuk menarik talenta-talenta terbaik Indonesia dari generasi milenial dengan pemanfaatan teknologi terkini,” urai Andi.


Sementara itu, Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie menuturkan solusi Google Cloud telah terbukti memberikan banyak sekali kesempatan kepada bank-bank, dan fintech Indonesia untuk berinovasi dalam layanan, meningkatkan pendapatan, koneksi dengan pelanggan, menghemat biaya, menyederhanakan proses operasional teknologi di balik layanan inovatif bank, dan fintech tersebut.


”Kami merasa terhormat dipercaya sebagai mitra teknologi informasi BTN. Bersama mitra kami Multipolar Technology, kami akan mendukung BTN mewujudkan cita-cita besar melalui transformasi digital, dan inovasi teknologi informasi dari Google Cloud, sehingga mendatangkan solusi bagi tantangan bisnis secara kompleks. Dengan Cloud technology yang sangat pengalaman sekian tahun di Indonesia, kami yakin bisa memberi Peace of Mind, Security, dan Compliance bagi BTN,” ungkap Megawaty.


Di sisi lain, Direktur Account Management FSI & Commercial Multipolar Technology, Herryyanto menambahkan, sesuai roadmap pengembangan perbankan Indonesia 2020-2025 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satu inisiatif soal teknologi informasi perbankan dengan pemanfaatan Cloud sebagai “Game Changer”. Pengalaman Multipolar Technology sebagai penyedia solusi teknologi informasi sejak 1975 dengan salah satu fokus di industri perbankan, dapat menjadi nilai tambah bagi implementasi layanan Google Cloud tanah air.


”Multipolar Technology sangat mendukung inisiatif BTN untuk menjadi bank dengan inovasi dalam layanan digital modern. Kami yakin dengan penerapan teknologi Cloud, akan makin memajukan langkah BTN menghadapi market sangat dinamis, bervariasi, dan memiliki banyak tantangan baru. Dengan kemitraan bersama Google Cloud, BTN akan memperoleh world class best practice, didukung mitra lokal berpengalaman," tegas Herryyanto. (*)