EmitenNews.com - Chandra Asri Pacific (TPIA) mengantongi fasilitas bullet term loan Rp4 triliun. Pinjaman dari Bank Mandiri itu, bertenor 7 tahun. Fasilitas tersebut untuk meningkatkan usaha PT Chandra Daya Investasi (CDI).

Perjanjian itu, diteken Chief Financial Officer (CFO) Chandra Asri Group Andre Khor, dan Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Helmy Afrisa Nugroho, di Jakarta. Dana fasilitas itu, dialokasikan untuk mendukung operasional, keberlangsungan bisnis secara menyeluruh CDI, dan memperkuat modal kerja perusahaan. 

Erwin Ciputra, President Direktur dan CEO Chandra Asri Group, menyebut sesuai visi Chandra Asri Group untuk menyediakan solusi infrastruktur bagi perkembangan sektor strategis Indonesia, perseroan sangat senang dapat dipercaya untuk mendapat fasilitas bulet term loan dari Bank Mandiri. 

”Pembiayaan itu, juga mencerminkan keyakinan Bank Mandiri mewujudkan pertumbuhan eksponensial melalui optimalisasi aset infrastruktur, dan ekspansi di masa depan yang berfokus pada pembangkit, distribusi energi, pengolahan air, dan pengelolaan tangki & dermaga,” tegas Erwin. 

Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri, Helmy Afrisa Nugroho mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri untuk mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Salah satunya melalui penerapan penekanan terhadap aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola alias environmental, social, and governance (ESG) dalam kegiatan bisnis, termasuk dalam proses penyaluran kredit. “Penandatangan perjanjian fasilitas term loan tersebut merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri kepada CDI, dan Chandra Asri Group untuk memperkuat aspek pendanaan dalam menjalankan, dan mengembangkan bisnis CDI ke depan,” tegas Helmy. 

Chandra Asri Group melalui CDI, sebuah anak perusahaan patungan dengan EGCO sebagai pemegang 30 persen saham, berkomitmen untuk menciptakan keuntungan jangka panjang secara stabil dan berkelanjutan melalui pertumbuhan bisnis infrastruktur kuat. 

Portofolio inti CDI mencakup aset-aset utama mendukung pertumbuhan industri, seperti perusahaan air terbesar dan satu-satunya terintegrasi Indonesia, dan pembangkit listrik siklus gabungan, dan pembangkit listrik ramah lingkungan berkapasitas 200 MW melalui kemitraan strategis dengan Posco International, perusahaan perdagangan terkemuka Korea Selatan. CDI juga menyediakan jasa penyewaan tangki, dan pengelolaan dermaga terintegrasi kawasan industri terkemuka Pulau Jawa. (*)