EmitenNews.com - Anak usaha Telkom Indonesia (TLKM) yaitu MDI Ventures menyiapkan USD125 juta. Dana tersebut disiapkan untuk menyasar sejumlah perusahaan start-up (rintisan). Salah satunya, Telkom melalui MDI Ventures mengucuri modal Zenius, usaha rintisan edukasi berbasis teknologi.


”Investasi untuk mendukung Zenius memperluas jaringan kemitraan dan distribusi layanan untuk memajukan pendidikan indonesia,” tutur R Achmad Faisal, AVP Shareholder Relations Telkom Indonesia, Kamis (10/3). 


Suntikan modal untuk Zenius itu, dilatari untuk mewujudkan kolaborasi, kemitraan, dan sinergi mendukung kemajuan pendidikan Indonesia. Sejak berdiri pada 2004, Zenius telah membantu lebih dari 1,5 juta alumni masuk universitas favorit atau negeri. Nah, tahun lalu, tujuh dari 10 pengguna premium Zenius berhasil lulus ujian masuk perguruan tinggi nasional yang tinggi peminat. 


Sukses itu, telah meningkatkan pertumbuhan pendapatan Zenius secara signifikan. Dalam perjalanannya, Zenius juga melakukan akuisisi Primagama, salah satu penyedia layanan bimbingan belajar terbesar Indonesia, dan melakukan kerja sama dengan Disney untuk segmen sekolah dasar dan mendirikan ZenPro, sebuah platform untuk segmen pembelajaran profesional atau berkelanjutan. 


Oleh karena itu, manajemen Telkom Indonesia menilai sinergi tersebut sejalan dengan strategi perseroan. Investasi di Zenius melalui MDI merupakan upaya mendongkrak value secara maksimal dari bisnis digital Telkom secara keseluruhan. Itu tidak bisa dipisahkan dengan tujuan perusahaan untuk mengembangkan bisnis baru yang sejalan (aligned) dengan core business MDI.


Investasi itu, diharap dapat memperkuat pertumbuhan Telkom dengan menangkap peluang bisnis digital yang tengah tumbuh pesat di Indonesia. Selain itu, kemungkinan sinergi antara Zenius dan Kuncie diperkirakan cukup kecil karena keduanya memiliki fokus berbeda. Zenius lebih fokus pada wajib belajar 12 tahun. Sedang Kuncie lebih fokus pada bimbingan belajar, dan pengembangan keterampilan profesional (seperti menulis, videografi, fotografi, kuliner, dan keterampilan lainnya). (*)