EmitenNews.com - Entitas Astra International (ASII) mengeksekusi transaksi afiliasi senilai Rp74 miliar. Transaksi itu berupa penjualan kendaraan truk sebanyak 228 unit. Transaksi melibatkan PT United Automobil Sembilanpuluh Utama (UAS), dan Serasi Logistics Indonesia (SLI).


Di mana, UAS bertindak sebagai penjual, dan SLI berposisi sebagai pembeli. Transaksi itu, dilakukan dengan tujuan untuk pengembangan bisnis SLI bidang pengangkutan. Nantinya, SLI diharap dapat memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham tidak langsung SLI.


Transaksi itu masuk ranah afiliasi karena beberapa faktor. Antara lain SLI terafiliasi dengan perseroan. Pasalnya, SLI merupakan perusahaan terkendali perseroan. Di mana, 95 persen saham SLI dimiliki secara tidak langsung oleh perseroan. Sementara UAS terafiliasi dengan perseroan. Karena UAS merupakan perusahaan terkendali perseroan. 


Di mana, lebih dari 99 persen saham UAS dimiliki secara tidak langsung oleh perseroan. ”Transaksi tidak berdampak negatif terhadap perseroan. Baik dari sisi kegiatan usaha, operasional, hukum, dan kelanjutan saham emiten sebagai perusahaan terbuka,” tulis manajemen Astra International. (*)