EmitenNews.com - Belajar dari berbagai kasus yang terjadi menjadi pembelajaran penting bagi Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Adanya kasus yang mencuat di bidang perpajakan, dan Bea Cukai, memotivasi Kemenkeu untuk terus menata SDM agar memiliki kompetensi dan karakter pelayanan yang baik.

 

Untuk itu, Kementerian Keuangan memperkuat tata kelola dan perbaikan pelayanan dari berbagai aspek. Mulai dari penataan sumber daya manusia hingga transformasi teknologi.

 

"Sebagai organisasi besar dengan jumlah SDM sangat banyak, kami masih memiliki hal-hal yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu, Kemenkeu terus melakukan transformasi kelembagaan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, di Jakarta, Senin (12/6/2023).

 

Selain terus menata SDM agar memiliki kompetensi dan karakter pelayanan yang baik, Kemenkeu juga menyederhanakan proses bisnis agar pelayanan menjadi lebih pasti dan efisien.

 

Untuk diketahui Kementerian Keuangan mencatat penurunan jumlah pegawai sebesar 4,35 persen menjadi 78.882 orang dari sebelumnya sebanyak 82.468 orang. Penurunan tersebut disebabkan jumlah pegawai yang direkrut lebih sedikit dibanding jumlah pegawai pensiun.

 

Untuk perbaikan di semua lini, Kementerian Keuangan juga memperkuat pengawasan internal. Langkah itu merupakan bagian dari koreksi terhadap berbagai tata kelola Kementerian Keuangan yang menjadi sorotan publik. ***