EmitenNews.com -Emiten Angkutan Laut dalam Negeri dan Angkutan Laut Perairan, PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) melaporkan bahwa perseroan pasca IPO telah mendirikan perusahaan patungan pada 21 Agustus 2023.

 

Merujuk keterangan resmi HUMI yang dikutip, Kamis (24/8/2023), disebutkan Perseroan mendirikan perusahaan patungan melalui PT MCS Internasional, anak usaha Perseroan, mendirikan PT McMOL Crewing International, bersama dengan Mitsui O.S.K. Lines Ltd., suatu perseroan yang didirikan berdasarkan hukum negara Jepang.

 

Dedi Hudayana Corporate Secretary HUMI menyatakan, pihak-pihak yang bertransaksi yaitu PT MCS Internasional merupakan entitas anak Perseroan dan perusahaan terkendali Perseroan dengan kepemilikan langsung sebanyak 99,9% saham dan Mitsui O.S.K Lines, Ltd., suatu perseroan yang didirikan berdasarkan hukum negara Jepang dan bukan afiliasi dari Perseroan. 

 

Sifat hubungan dari Para Pihak yang bertransaksi adalah tidak terafiliasi Nilai transaksi pendirian usaha patungan tersebut yaitu MCSI melakukan penyertaan modal pada PT McMOL Crewing International sebesar Rp9,792 miliar. 

 

Tujuan transaksi yaitu memperluas kegiatan usaha entitas anak usaha Perseroan sebagai penyedia awak kapal khususnya kapal LNG kepada Grup MOL dan Grup Perseroan dengan awak kapal yang berkualifikasi dan menjalankan semua aktivitas yang berkaitan dengan keagenan awak kapal LNG.