EmitenNews.com - PT Martina Berto (MBTO) bersinergi dengan PT Dos Ni Roha (DNR). Kerja sama distribusi dengan anak usaha PT Dosni Roha Indonesia  (ZBRA) itu, untuk memperluas jaringan distribusi. Tahun pertama, kolaborasi kedua perusahaan itu membidik potensi bisnis Rp135 miliar. 


Martina Berto menarget pertumbuhan distribusi produk general trade hingga 65 persen secara rata-rata semester II tahun 2022. ”Kami optimistis kerja sama dengan Dos Ni Roha bisa membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis general trade secara berkelanjutan setiap tahun. Dengan pengalaman distribusi selama 59 tahun, dukungan sistem teknologi, dan infrastruktur andalan Dos Ni Roha, produk-produk Martina Berto bisa terdistribusi dengan lebih luas, merata, dan sampai ke end-user tingkatan bawah secara masif,” tutur Direktur Utama Martina Berto, Bryan Tilaar, di Jakarta, Kamis (7/7).


Dengan selling point, kapabilitas, dan pengalaman puluhan tahun masing-masing perusahaan, sinergi tersebut dapat berjalan dengan baik. ”Khususnya dalam memanfaatkan peluang pasar, menjawab tantangan landscape bisnis distribusi yang dinamis seiring perubahan perilaku pelanggan, dan perubahan teknologi,” tambah CEO Martha Tilaar Group Kilala Tilaar. 


Dalam kerja sama itu, sejumlah produk unggulan Martina Berto antara lain Sariayu Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar, dan Rudy Hadisuwarno Cosmetics, akan didistribusikan DNR melalui jaringan distribusi meliputi 112 titik distribusi dengan potensi jumlah outlet lebih dari 400 ribu tersebar pada 463 kota seluruh Indonesia dengan menyasar segmentasi general trade.


Sementara itu, Direktur Dosni Roha Indonesia, Gary Tanoesoedibjo mengungkapkan, kerja sama dengan Martina Berto akan menjadi sinergi kuat. ”Saat ini, layanan distribusi DNR telah dilengkapi dengan sistem manajemen supply chain, inventory control, dan data sales terintegrasi sehingga dapat mengoptimalisasi proses distribusi,” tukasnya.


Nah, dukungan dari retail distribution channel baik, dan tersebar seluruh Indonesia dengan 400 ribu lebih jaringan outlet, Dos Ni Roha mampu mendistribusikan, dan memasarkan produk-produk Martina Berto tepat sasaran. ”Kerja sama ini juga pastinya dapat menjadi nilai tambah bisnis milik PT Dos Ni Roha, terkhusus dalam hal penambahan portofolio,” ujarnya.


Kesepakatan itu, dikukuhkan melalui teken perjanjian kerja sama yang melibatkan Gary Tanoesoedibjo selaku kuasa dari Rudijanto Tanoesoedibjo, Direktur Utama PT Dos Ni Roha, juga merupakan Direktur PT Dosni Roha Indonesia sekaligus Komisaris PT Dos Ni Roha, dan Bryan Tilaar Direktur Utama PT Martina Berto, disaksikan Kilala Tilaar, CEO Martha Tilaar Group. (*)