EmitenNews.com -  PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb, IDX: BJBR) melakukan kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat dalam pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara bank bjb dengan IDI Wilayah Jawa Barat dilakukan pada Minggu 17 April 2022 yang ditandatangani oleh Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bank bjb, Isa Anwari dan Ketua IDI WIlayah Jawa Barat, dr. Eka Mulyana.



Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto mengatakan, bank bjb terus melakukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak demi memperluas layanan perbankan, salah satunya dengan IDI Jawa Barat. Adapun ruang lingkup MoU bank bjb dengan IDI Jawa Barat meliputi, Funding, Lending, serta Transaksi melalui sarana layanan yang membantu dan memudahkan IDI Wilayah Jawa Barat atau anggotanya dalam melakukan transaksi perbankan, meliputi; Pemanfaatan QRIS, Penggunaan Layanan Informasi Keuangan Perbankan, serta Jasa Layanan Perbankan lainnya sesuai dengan kesepakatan para pihak. "bank bjb berkolaborasi untuk mempermudah IDI Jawa Barat dan anggotanya mendapatkan layanan perbankan," ujar Widi, seperti dilansir dari siaran pers, Senin (18/4/2022).


Menurutnya, kerjasama bank bjb dengan IDI Jawa Barat akan sangat menjanjikan dan banyak kenguntungan. Terdapat potensi digitalisasi penerimaan Rumah Sakit melalui bjb Hospital Payment (bjb Hope), dan digitalisasi penerimaan Rumah Sakit/Klinik melalui virual Account bank bjb, QRIS dan EDC bank bjb.



Selain itu, terdapat potensi kerjasama pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) ataupun Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIM Klinik) yang dapat mendukung integrasi digital payment melalui bank bjb; Kerjasama penyaluran Kredit Korporasi untuk Rumah Sakit; Kerjasama Penyaluran Kredit Komersial/Kredit UMKM untuk Klinik; Kerjasama ATM Co Branding untuk kartu pegawai Rumah Sakit ataupun Klinik; Kerjasama Payroll Service melalui bank bjb; Kerjasama pemanfaatan DPLK bank bjb. "Banyak kerjasama yang bisa dilakukan bank bjb bersama IDI Jawa Barat yang akan menguntungkan untuk masing-masing pihak sehingga diharapkan dapat meningkatkan dan memperluas layanan kesehatan maupun layanan perbankan kepada masyarakat," kata Widi.



Hadir pada acara penandatanganan tersebut antara lain: Ketua Umum PB IDI dr. M. Adib Khumaidi, Dr.Sp.OT, dr. R. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K)., M.Kes., MMRS., Sesepuh IDI Prof.dr. I. Oetama Marsis, SpOG (K) & Prof. DR. Dr. Abdul Razak Thaha, MSc., SpGK., Sesepuh IDI Jabar dr. H. Ilman Hilman Sp.rad,MPH, Epidemiolog Grifift Australia dr. Dicky budiman M.sc P.hd, Sesepuh Jawa Barat Abah Adhitya Alam, dan Sesepuh Jawa Barat yang juga anggota DPR RI Dr. Hj. Netty Prasetiyani Heryawan, M.Si. serta dihadiri oleh jajaran manajemen dari bank bjb.